semoga ini membawa berkah untuk Kabupaten Pasuruan
Pasuruan (ANTARA) -
Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwilkumham) Jatim Saefur Rochim menyerahkan dua Sertifikat Indikasi Geografis (IG) untuk komoditi pertanian kepada Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Senin.
 
"Sertifikat IG yang diberikan tersebut dengan nama Mangga Putar dan Kopi Arabika Arom Langit Pasuruan," kata Plt. Kepala (Kanwilkumham) Jatim Saefur Rochim di sela peringatan Hari Jadi ke 1.094 Kabupaten Pasuruan.
 
Rochim mengatakan baik Mangga Putar maupun Kopi Arom Langit punya ciri khas tersendiri sehingga bisa tercatat sebagai produk indikasi geografis.
 
Menurut Rochim keseriusan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam perlindungan kekayaan intelektual ditunjukkan dengan adanya sertifikat IG tersebut.
 
"Pemanfaatan Indikasi Geografis yang dilakukan Kabupaten Pasuruan sangatlah tepat. Dan ini membuktikan kalau Pemkab Pasuruan melek terhadap kekayaan intelektual," ucapnya.

Baca juga: Banyuwangi daftarkan kopi robusta peroleh paten indikasi geografis
Baca juga: Kemenperin: Sertifikasi indikasi geografis lindungi industri batik
 
Dengan telah diterbitkannya sertifikat Indikasi Geografis, kata dia, maka daya saing kedua produk unggulan tersebut akan semakin meningkat dalam kancah perdagangan internasional.
 
"Semoga ini membawa berkah untuk Kabupaten Pasuruan," ujarnya.
 
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf sangat bahagia dengan penyerahan sertifikat IG tersebut.
 
"Sebuah kebanggaan dan ini membuat kami semakin bersemangat untuk memetakan lebih banyak lagi potensi-potensi yang ada di Kabupaten Pasuruan," ujarnya.
 
Peringatan hari jadi Kabupaten Pasuruan tersebut dimeriahkan kegiatan teatrikal oleh anak-anak dengan memainkan berbagai permainan tradisional.

Baca juga: Kemenkumham dorong kopi Mamasa didaftarkan sebagai indikasi geografis
Baca juga: Kemenkumham dorong loka pere sebagai potensi indikasi geografis Majene
Baca juga: Menperin ajak UKM batik ajukan perlindungan HAKI Indikasi Geografis

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023