Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berpesan kepada para lulusan Politeknik Pekerjaan Umum (PU) untuk menjadi pejuang pembangunan infrastruktur yang kompeten.

"Saya ingin lulusan Politeknik PU menjadi petarung pembangunan infrastruktur yang siap bertugas di seluruh wilayah Indonesia. Lulusan Politeknik PU harus menjadi pejuang infrastruktur yang kuat karena profesional di bidangnya, berani karena berintegritas, dan berjiwa seni karena mempunyai kemampuan berimprovisasi dan berinovasi," ujar Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Basuki mengatakan, para wisudawan ini merupakan duta Politeknik PU yang bertanggungjawab membuktikan kompetensinya agar Politeknik PU bisa menjadi politeknik unggulan yang dipercaya di industri konstruksi.

Dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) bidang konstruksi yang kompeten, profesional, berdaya saing tinggi, dan siap bekerja, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui Politeknik PU mengukuhkan 139 wisudawan pada Wisuda ke-2 Politeknik PU Tahun Angkatan 2020 di Kampus II Politeknik PU, Semarang, Senin.

Para wisudawan telah menempuh pendidikan selama 3 tahun di Politeknik PU, dengan program studi Teknologi Konstruksi Bangunan Air terdiri dari 49 wisudawan, Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan sebanyak 46 wisudawan, dan Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung sebanyak 44 wisudawan. Sebanyak 75 orang atau 54 persen memperoleh Predikat Pujian (cum laude).

"Buktikan lulusan Politeknik PU kompeten di lapangan, bukan hanya mampu secara teori saja," kata Basuki.

Sebagai upaya dalam menciptakan SDM konstruksi yang unggul, Politeknik PU telah membekali para wisudawan dengan kurikulum pendidikan yang melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yang terintegrasi dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 5.

Selain itu, Politeknik PU juga menerbitkan sertifikat kompetensi bagi para wisudawan, di antaranya sebagai Juru Ukur, Juru Gambar, Petugas Keselamatan Kerja Konstruksi, dan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung/Jalan/ Saluran Irigasi.

Baca juga: Menteri PUPR: Lulusan Politeknik PU dibutuhkan dalam pembangunan IKN
Baca juga: Kementerian PUPR: Politeknik PU buka peluang kerjasama dengan Hungaria
Baca juga: Kementerian PUPR bangun Rusun Politeknik PU di Semarang

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023