Beijing (ANTARA) - Otoritas China pada Senin (18/9) mengumumkan potongan pajak untuk biaya penelitian dan pengembangan (litbang) bagi perusahaan-perusahaan sirkuit terpadu (integrated-circuit/IC) dan peralatan mesin yang memenuhi syarat dari 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2027, untuk memacu inovasi yang didorong oleh perusahaan.

Pada periode itu, biaya-biaya tersebut, jika tidak tercakup dalam laporan pendapatan sebagai aset tak berwujud, akan dipangkas sebelum pajak yang didasarkan pada 120 persen dari jumlah aktual yang dikeluarkan, selain aturan yang saat ini berlaku biaya-biaya tersebut akan dipangkas sebelum pajak, menurut pengumuman itu.

Jika biaya-biaya tersebut telah dianggap sebagai aset tak berwujud, maka biaya-biaya tersebut akan diamortisasi sebesar 220 persen sebagai biaya aset tak berwujud sebelum pajak.

Pengumuman itu disampaikan bersama oleh Kementerian Keuangan China, Badan Administrasi Perpajakan Negara China, Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional China, serta Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023