Kegiatan ini merupakan bukti kehadiran negara, yang diwakili oleh Kementerian Perdagangan, di manapun masyarakat berada. Apa yang dirasakan masyarakat Papua Tengah, khususnya Kabupaten Puncak, kami juga merasakan sebagai bentuk tali asih,
Timika (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyerahkan bantuan "Kemendag Peduli" kepada masyarakat Kabupaten Puncak, khususnya Distrik Agandugume dan Lembawi yang mengalami bencana kekeringan dan cuaca dingin ekstrem di Mimika, Papua Tengah, Selasa.

Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Bupati Puncak Willem Wandik di Posko Tanggap Darurat Penanganan Bencana Kabupaten Puncak di Mimika, Papua Tengah.

"Kegiatan ini merupakan bukti kehadiran negara, yang diwakili oleh Kementerian Perdagangan, di manapun masyarakat berada. Apa yang dirasakan masyarakat Papua Tengah, khususnya Kabupaten Puncak, kami juga merasakan sebagai bentuk tali asih," ujar Mendag.

Baca juga: Mendag sebut harga bapok di Timika stabil dan murah

Bantuan yang diserahkan berupa barang kebutuhan pokok sebanyak 2.000 paket. Masing-masing paket tersebut terdiri atas 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, dan mi instan.

Mendag menyampaikan, bantuan tersebut merupakan sebuah bentuk sambung rasa antara pemerintah dengan masyarakat yang mengalami bencana.

Menurut Mendag, kesusahan yang dialami oleh masyarakat Distrik Agandugume dan Lembawi juga ikut dirasakan pemerintah.

"Kami mengumpulkan sedikit, bukan dilihat dari nilainya tetapi kini ada sambung rasa, tali kasih. Kalau saudara kita kesusahan ya kita juga, kalau saudara kita bahagia, kita juga," kata Mendag.

Baca juga: Mendag sebut harga beras mulai turun

Pada hari yang sama, Mendag juga melakukan kegiatan bakti sosial di Mimika, Papua Tengah. Bakti sosial ini merupakan bentuk sinergi "Kemendag Peduli" dengan Company Social Responsibility (CSR) PT Freeport Indonesia yang diwujudkan dalam pemberian bantuan barang kebutuhan pokok kepada masyarakat Mimika.

Bantuan yang diserahkan yaitu barang kebutuhan pokok sebanyak 5.000 paket. Masing-masing paket terdiri atas 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, telur, dan susu.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Mendag kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng. "Kemendag bersinergi dengan PT Freeport Indonesia berbagi dengan masyarakat Mimika. Diharapkan bantuan dapat meringankan beban masyarakat sehari-hari dan mudah- mudahan bermanfaat," ujar Mendag.

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023