Semua bahan pokok stabil saja harganya tidak ada perbedaan dengan di Pulau Jawa.
Timika (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat melakukan kunjungan ke Pasar Sentral Timika Baru di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menyebut harga bahan pokok di daerah ini masih tergolong stabil.

Mendag Zulkifli Hasan, di Timika, Selasa, mengatakan harga bahan pokok cenderung stabil dan tidak ada perbedaan dengan daerah di luar Mimika.

"Harga bawang, beras, telur, minyak goreng, ayam, dan lain-lain masih stabil sesuai dengan yang ditentukan oleh pemerintah," katanya.

Menurut Zulkifli, semua bahan pokok stabil saja harganya tidak ada perbedaan dengan di Pulau Jawa, ini yang pemerintah harapkan agar masyarakat dapat menjangkau dari sisi harga.

"Khusus untuk komoditas cabai yang sedikit naik harganya karena mungkin dibawa dari jauh, sehingga ada sedikit perbedaan harga," ujarnya.

Dia menjelaskan pemerintah sedang gencar membangun infrastruktur guna memudahkan akses masuk dan keluarnya bahan pokok ke Kabupaten Mimika.

"Infrastruktur turun berperan penting dalam sistem perdagangan, jika ditunjang infrastrukturnya maka seluruh Papua bisa merata harga bahan pokoknya," katanya lagi.

Mendag menambahkan saat mengunjungi Pasar Sentral Timika Baru, dirinya juga membeli dagangan dari para pedagang di pasar tersebut.

"Ini namanya kebersamaan, ketika berkunjung ke pasar kita juga membeli ketela dari mama-mama pedagang biar hatinya senang," ujarnya lagi.
Baca juga: Mendag sebut harga bapok di Timika stabil dan murah
Baca juga: Mendag serahkan Kemendag Peduli untuk masyarakat Kabupaten Puncak

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023