Bendungan ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo setelah penggenangan bendungan selesai,
Manado (ANTARA) -
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara membangun jalan akses masuk menuju Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow sepanjang 11,5 kilometer.

"Bendungan ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo setelah penggenangan bendungan selesai," kata Kepala BPJN Sulut, Hendro Satrio MK di Manado, Selasa.

BPJN Sulut kata dia, telah mengalokasikan anggaran dan sudah dikontrak untuk peningkatan jalan Pinogaluman-Dumoga. "Jadi nama paket jalan menuju ke Bendungan Lolak adalah Pinogaluman-Dumoga. Itu statusnya memang jalan provinsi," katanya.

Baca juga: Menter PUPR: Proyek Bendungan Cibeet dan Cijurey rampung pada 2028

Pengerjaan ruas jalan berstatus jalan provinsi tersebut dilakukan setelah BPJN Sulut mendapatkan surat dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulut dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, I Komang Sudana.

"Kami kemudian mengusulkan ke pusat, usulan tersebut kemudian disetujui dan Menteri PUPR menugaskan kami untuk mengerjakan peningkatan jalan tersebut," katanya.

Meskipun pekerjaan peningkatan ruas jalan tersebut kontraknya hingga akhir Desember, namun BPJN Sulut menargetkan penyelesaian hingga Oktober sebagai mana rencana kedatangan Presiden Jokowi. "Mudah-mudahan pekerjaannya sudah selesai sebelum kunjungan Presiden," ujarnya.

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023