Ya sudah rampung pengerjaannya, sudah siap untuk peresmiannya
Manado (ANTARA) - Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Komang Sudana mengatakan pembangunan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, telah rampung.

"Ya sudah rampung pengerjaannya, sudah siap untuk peresmiannya," kata Komang di Manado, Rabu.

Meskipun sudah rampung pengerjaanya, namun Komang belum bisa memastikan kapan jadwal peresmian bendungan yang dipastikan dapat mengairi ribuan hektare sawah di kabupaten yang menjadi salah satu sentra produksi padi tersebut.

"Tinggal menunggu jadwal untuk diresmikan," ujarnya.

Kedatangan Presiden Joki Widodo ke Sulut pada beberapa waktu lalu, belum meresmikan Bendungan Lolak, tapi ada agenda lain di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Bendungan Lolak memiliki daya tampung 16,23 juta meter kubik air akan memberikan manfaat, selain sebagai penyedia air irigasi untuk daerah pertanian seluas 2.214 hektare, bendungan ini juga menjadi sumber air baku 500 liter per detik.

Baca juga: Kementerian PUPR rampungkan konstruksi Bendungan Lolak Sulawesi Utara

Baca juga: BPJN Sulut bangun akses masuk Bendungan Lolak sepanjang 11,5 kilometer


Bendungan Lolak juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air dengan potensi energi sebesar 2,43 MW, pengendali banjir yang dapat mereduksi debit banjir sebesar 12 persen.

Tidak hanya itu, Bendungan Lolak juga dapat menjadi destinasi wisata baru di daerah Bolaang Mongondow dan lahan eks galian dapat dimanfaatkan menjadi Hutan Buah produktif.

Kontrak pembangunan Bendungan Lolak dibagi menjadi dua paket yakni paket pertama senilai Rp830 miliar dengan kontraktor PT Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk. Selanjutnya untuk Paket II senilai Rp821 miliar dikerjakan kontraktor PT PP (Persero) Tbk - PT. Asfhri Putralora (Kerja Sama Operasi/KSO).

Adapun lingkup pekerjaan pembangunan Paket I antara lain pekerjaan galian, pekerjaan timbunan bendungan utama, pekerjaan temporary cofferdam, pekerjaan timbunan main cofferdam, dan pekerjaan instrumentasi.

Sedangkan lingkup pekerjaan untuk Paket II, yaitu pekerjaan timbunan bendungan utama, pekerjaan bangunan pengelak, pekerjaan bangunan pelimpah, pekerjaan bangunan intake, pekerjaan perkuatan tumpuan kiri, pekerjaan saddle dam I dan II, pekerjaan relokasi jalan dan jembatan provinsi dan pekerjaan hidromekanikal.

Baca juga: Bendungan Lolak Sulut mampu mengairi 2.214 hektare sawah tadah hujan

Baca juga: BWS Sulawesi I targetkan Bendungan Lolak rampung akhir Maret 2023



 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024