Jakarta (ANTARA) - Peringatan Hari Jantung Sedunia tahun 2023 tingkat Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan dengan kegiatan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat untuk mencegah penyakit tidak menular terutama jantung.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia di Jakarta, Selasa, menyebutkan, kegiatan tersebut melalui pelibatan berbagai pihak.

Salah satu kegiatan yang yang diselenggarakan
Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, yakni "Challenge Downgrade Ukuran Bajumu".

"Kegiatan 'Challenge Downgrade Ukuran Bajumu' adalah salah satu komitmen kami untuk membangun budaya sehat di kalangan masyarakat, yaitu mencapai indeks masa tubuh ideal melalui perubahan perilaku yang konsisten," kata Dwi.

"Challenge Downgrade Ukuran Bajumu" ini merupakan upaya dalam pencegahan berbagai penyakit khususnya penyakit tidak menular di Jakarta, seperti jantung.

Baca juga: Dua porsi stroberi setiap hari bagus untuk jantung dan otak

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 23 Juni sampai 8 September 2023. Hari Jantung Sedunia setiap 29 September dan untuk tingkat DKI Jakarta juga diwarnai senam bersama, diskusi 
kesehatan yang menghadirkan narasumber dokter ahli jantung, dokter ahli gizi klinik dan dokter ahli kedokteran olahraga serta Gerakan Makan Buah Bersama.

Lalu edukasi pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan berolahraga dan mencukupi kebutuhan air mineral tubuh hingga pentingnya penggunaan masker bagi kelompok rentan dan kondisi kesehatan khusus.

Selain itu, hadir pula layanan deteksi dini masalah kesehatan yang disediakan oleh fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta seperti grup RS Pondok Indah Puri Indah, RS Hermina Jatinegara dan RS Muhammadiyah Taman Puring.

Selain itu RS Mitra Kelapa Gading, RS PELNI, RSUD Kramat Jati dan RSUD Tarakan yang dapat diakses oleh pengunjung CFD (Car Free Day) serta stan pameran dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Baca juga: Dokter ajak masyarakat terapkan hidup sehat guna cegah sakit jantung

Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengemukakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui kegiatan kesehatan terpadu dengan mengikutsertakan masyarakat luas.
 
Salah satunya kompetisi dengan tema global "Use Heart, Know Heart" dan tema nasional "Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Hidupmu" dalam rangka Puncak Hari Jantung Sedunia tingkat Provinsi DKI Jakarta 2023. Kegiatan ini diselenggarakan pada Minggu (17/9) di HBKB Sudirman, MH Thamrin Jakarta Pusat.
 
"Pemprov DKI Jakarta sangat mengapresiasi upaya kreatif Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta di dalam kegiatan 'Challenge Downgrade Ukuran Bajumu'. Kegiatan ini menarik untuk terus kita kembangkan menjadi gerakan yang masif dan perlu kita dukung bersama, antara lain melalui kolaborasi multisektoral," katanya.
 
Selain itu, Widyastuti menyebutkan, Pemprov DKI Jakarta juga terus berupaya melalui promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.
 
Adapun kolaborasi multisektoral merupakan kemitraan yang dihasilkan ketika pemerintah, organisasi nonprofit, swasta, organisasi publik, kelompok masyarakat dan anggota masyarakat individu berkumpul untuk memecahkan masalah yang mempengaruhi seluruh masyarakat.
 
"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Kami berharap kolaborasi ini tidak sampai di sini saja, namun juga kegiatan lainnya sehingga dapat berkesinambungan," ujar Widyastuti.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023