Jakarta (ANTARA) - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya melibatkan sejumlah ahli dalam pemeriksaan terhadap para pemeran film dewasa.

"Kita akan melakukan pemeriksaan terhadap ahli yang kita libatkan dalam penyidikan dugaan tindak pidana yang terjadi," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat ditemui di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Selasa.

Ahli yang dilibatkan dalam mengusut kasus ini mulai dari ahli ITE, ahli pidana maupun ahli di bidang pornografi.

Setelah itu pihaknya akan menggelar perkara untuk memberikan kepastian hukum. "Kita akan lakukan gelar perkara untuk diberikan kepastian hukum termasuk di dalamnya adalah penetapan tersangka dengan minimal dua alat bukti yang dimiliki penyidik," katanya.

Baca juga: 12 pemeran kasus film dewasa penuhi panggilan Polda Metro Jaya

Ade Safri juga menambahkan, pihaknya telah melakukan tes urine terhadap semua pemeran untuk mengetahui apakah menggunakan narkotika atau tidak.

"Terkait dengan tes urine, apakah yang bersangkutan menggunakan obat seperti itu juga dugaan penggunaan narkotika atau psikotropika," katanya.

Namun Ade tidak menjelaskan siapa saja pemeran yang datang ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan pemeriksaan hari ini.

"Memang karena ini masih dalam konteks sebagai saksi. Kita masih menjaga identitas para saksi. Nanti apabila telah ditetapkan sebagai tersangka, nanti kita sampaikan inisialnya," katanya.

Baca juga: VV pemeran film dewasa penuhi panggilan Polda Metro Jaya

Sebanyak 12 dari 16 pemeran dengan rincian delapan wanita dan empat pria dalam kasus film dewasa memenuhi panggilan Polda Metro Jaya pada Selasa.

“Pada hari ini terkonfirmasi kehadiran dan kita lakukan pemeriksaan oleh tim penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, dari 11 'talent' wanita, delapan di antaranya hadir dan memenuhi panggilan penyidik,” ujar Ade Safri.

Ade menjelaskan, dari lima pemeran pria film dewasa, terdapat empat pemeran yang telah memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya.

“Terkait lima 'talent' pria, terkonfirmasi dari lima yang hadir adalah empat orang, satu belum hadir,” katanya.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023