Prestasi tersebut mencerminkan kerja keras dan dukungan berbagai pihak mulai dari departemen, fakultas, hingga universitas dalam pengembangan minat dan aktualisasi diri mahasiswa
Depok (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menorehkan prestasi cemerlang dengan meraih juara dua di tingkat internasional dalam bidang geosains, pada ajang SEG Challenge Bowl 2023.

"Prestasi tersebut mencerminkan kerja keras dan dukungan berbagai pihak mulai dari departemen, fakultas, hingga universitas dalam pengembangan minat dan aktualisasi diri mahasiswa," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof. Dr. rer. nat Abdul Haris di Kampus UI Depok, Selasa.

Tim mahasiswa dari Departemen Geosains, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI berhasil meraih prestasi luar biasa dengan menjadi juara pertama di tingkat Asia Pasifik sekaligus juara kedua di tingkat internasional.

Baca juga: Peringati "World Clean Up Day", BEM UI bersihkan pesisir Pantai Ancol

Kompetisi SEG Challenge Bowl, yang diselenggarakan oleh Society of Exploration Geophysicists (SEG), sebuah organisasi non-profit yang memfasilitasi para ahli geofisika eksplorasi, merupakan ujian pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam bidang geosains.

Kompetisi yang mirip dengan permainan cerdas-cermat ini memacu peserta untuk memberikan jawaban yang tepat, cepat, dan akurat.

Tim mahasiswa UI yang mengukir prestasi gemilang ini terdiri dari Cecilia Patra Dewanty (Geofisika UI 2019) dan Kevinsyah Aulia Lubis (Geologi UI 2019). Mereka telah menunjukkan dedikasi, pengetahuan, dan kerja sama tim yang luar biasa di sepanjang kompetisi tersebut.

Jalan menuju pencapaian ini dimulai dari tingkat regional, di mana tim UI berhasil meraih gelar juara 1 di SEG Challenge Bowl Asia Pacific Region 2023 yang digelar secara virtual pada tanggal 18 Juni 2023.

Baca juga: Fordigi BUMN minta mahasiswa miliki kompetensi di era digital

Di tingkat regional ini, tim UI mengalahkan pesaing-pesaing kuat yang berasal dari 14 universitas di Indonesia, India, dan Malaysia, sehingga membuat mereka melaju ke kompetisi tingkat internasional.

Pada tingkat internasional, tim UI berhasil mempertahankan keunggulan mereka dengan meraih gelar juara ke-2 di SEG Challenge Bowl World Finals 2023.

Tim UI berhasil tampil dengan sukses pada acara yang diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus 2023 di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Kompetisi ini melibatkan program studi geofisika dan geologi dari 16 universitas ternama di seluruh dunia, seperti Colorado School of Mines (Amerika Serikat), University of Calgary (Kanada), Universidad Nacional de San Juan (Latin Amerika), dan banyak lainnya.

Prestasi luar biasa ini menjadi bukti nyata komitmen mahasiswa UI dalam meraih keunggulan di bidang geosains.

"Universitas Indonesia sangat bangga memiliki mahasiswa yang tidak hanya berprestasi di tingkat nasional, tetapi juga mampu bersaing dengan sukses di panggung internasional," ujar Prof. Haris.

Baca juga: FEB UI wujudkan pendidikan berkualitas untuk semua

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023