Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memfasilitasi para pencari kerja dengan menggelar bursa kerja (job fair) 2023 di Kota Surabaya pada 19-20 September.

"Bursa kerja kali ini juga bisa diikuti secara daring dan dapat diakses secara terbuka oleh masyarakat," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat pembukaan di Galaxy Mall Surabaya, Selasa.

Bursa kerja yang berlangsung secara luring dan daring tersebut menyediakan 521 jabatan dan 3.953 lowongan kerja bagi masyarakat dari 75 perusahaan. Empat perusahaan diantaranya menyediakan lowongan kerja bagi penyandang disabilitas.

Baca juga: Ribuan pencari kerja ramaikan Bursa Kerja Surabaya

Mengangkat tema "Merdeka Berkarir, Mendukung Fleksibilitas Pasar Kerja secara Inklusif di Jatim, Gubernur Khofifah berharap penyelenggaraan bursa kerja menjadi wadah bagi masyarakat agar bebas memilih profesi dan mengakses peluang kerja sesuai minat, bakat, kreativitas, melalui kesempatan yang ada.

Menurutnya, gelaran bursa kerja menjadi salah satu upaya nyata guna menurunkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jatim yang per Februari 2023 tercatat sebesar 4,33 persen.

"Masih di bawah TPT nasional yang sebesar 5,45 persen. Artinya, pengangguran di Jatim rata-ratanya lebih rendah dari tingkat pengangguran terbuka nasional," ujarnya.

Khofifah mendorong tenaga kerja untuk terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan agar sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, industri dan kerja (Dudika) yang penyiapannya harus dilakukan sejak di bangku sekolah.

Sehingga, sinkronisasi antara kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja harus linier agar setelah lulus, kompetensi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

"Maka, teruslah membangun kompetensi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja supaya link and match bisa kita bangun maksimal. Sehingga, seluruh kebutuhan tenaga kerja bisa kita maksimalkan pemenuhannya," tuturnya.

Baca juga: Ribuan Pencari Kerja Padati Jatim Expo

Baca juga: Dispendik Jatim gandeng Milenial Job Center kembangkan lulusan SMK


Bursa kerja dalam rangkaian memperingati Hari Jadi ke-78 Pemprov Jatim itu sekaligus mengawali bulan pasar kerja di provinsi setempat.

Selanjutnya, juga diagendakan menggelar bursa kerja di 6 Unit Pelayanan Terpadu Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (UPT BLK Disnakertrans) Pemprov Jatim.

Masing-masing di UPT BLK Surabaya pada 10 Oktober 2023, Mojokerto pada 11 Oktober 2023, Singosari pada 18 Oktober 2023, dan Kediri pada 24 Oktober 2023. Selain itu, di UPT BLK Tuban dan Pasuruan pada 26 Oktober 2023.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023