Jakarta (ANTARA) -
Pada Selasa (19/9) Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan penerapan skema cicilan dalam pelunasan biaya perjalanan ibadah haji dan penanganan kebakaran di tempat pembuangan akhir sampah masih berlanjut.

Selain itu, ada warta mengenai titik api di Pulau Sumatera dan aktivitas Gunung Karangetang yang bisa disimak kembali dalam ringkasan berita berikut.

Menteri Agama usulkan penerapan skema cicilan dalam pelunasan biaya haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan penerapan skema cicilan dalam pelunasan biaya haji untuk meringankan beban jamaah yang akan berangkat berhaji pada tahun 1445 Hijriah/2024.
Titik api di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo Solo tinggal 30 persen setelah berbagai upaya pemadaman kebakaran dilakukan. Menurut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Surakarta Gatot Sutanto, pengeboman air cukup efektif memadamkan kebakaran di fasilitas penanganan sampah tersebut.

Petugas masih mendinginkan lokasi kebakaran di TPA Jatibarang

Petugas pemadam kebakaran pada Selasa masih melakukan pendinginan di lokasi kebakaran di TPA Jatibarang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Mobil pemadam kebakaran dan truk-truk tangki juga masih lalu lalang menuju ke lokasi kebakaran untuk memasok air. 
 
 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat peningkatan jumlah titik api di tiga provinsi prioritas penanganan kebakaran hutan dan lahan di Pulau Sumatera pada minggu ketiga September 2023.

PVMBG deteksi 32 gempa guguran di Karangetang dalam sepekan
 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mendeteksi 32 kejadian gempa guguran di Gunung Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, dari 8 sampai 15 September 2023.

​​​​​​​
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023