New York (ANTARA) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa (19/9) untuk pertama kalinya bertemu langsung.

Pertemuan tersebut menjadi tonggak sejarah besar setelah kedua negara secara bertahap meningkatkan hubungan mereka.

Israel dan Turki sempat bersekutu di kawasan mereka, namun hubungan kedua pihak mengalami ketegangan selama lebih dari satu dekade setelah Ankara mengusir duta besar Israel.

Pengusiran itu terjadi usai Israel pada 2010 menyerang sebuah kapal yang memimpin armada pembawa bantuan ke Gaza. Serangan itu menyebabkan 10 warga Turki tewas.

Hubungan diplomatik dipulihkan pada 2016, namun dua tahun kemudian Turki menarik diplomatnya dari Israel dan mengusir diplomat Israel setelah pasukan Israel membunuh sejumlah warga Palestina yang ikut serta dalam unjuk rasa di Jalur Gaza.

Kunjungan Presiden Israel Isaac Herzog ke Turki pada Maret 2022, yang diikuti dengan kunjungan para menteri luar negeri kedua negara, turut mencairkan hubungan setelah tegang selama lebih dari sepuluh tahun.

Kedua pemimpin membahas topik politik, ekonomi dan kawasan, serta masalah Israel-Palestina, kata Kepresidenan Turki dalam unggahan di media sosial X.

Pertemuan kedua pemimpin terjadi di sela sidang Majelis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diselenggarakan tiap tahun.

Menurut kantor kepresidenan Turki, Erdogan berkata kepada Netanyahu bahwa kedua negara dapat bekerja sama dalam bidang energi, teknologi, inovasi, kecerdasan buatan, dan keamanan siber.

Energi menjadi sektor penting untuk potensi kerja sama di antara kedua negara.

"Dalam pertemuan tersebut, dibahas pula peluang kerja sama energi, terutama pada bidang eksplorasi, produksi dan perdagangan gas alam,” kata Menteri Energi Turki Alparslan Bayraktar, yang ikut serta dalam pertemuan itu.

Turki mengawali upaya diplomatik pada 2020 guna memperbaiki hubungan dengan negara-negara yang menjadi rivalnya, dengan mendekati Mesir, Uni Emirat Arab, Israel, dan Arab Saudi.

Sumber: Reuters


Baca juga: Erdogan katai Netanyahu teroris

Baca juga: Israel minta maaf soal insiden penyerangan kapal flotilla Turki


 

Menteri pertahanan Israel-Turki bertemu untuk kali pertama sejak 2010

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023