Jakarta (ANTARA) -
Beberapa gua di Amerika Serikat menawarkan pengalaman dunia lain. Terletak di antara taman nasional, kota-kota besar, dan tempat-tempat yang mungkin Anda anggap sebagai “antah berantah” ada ruang luar yang tersembunyi.
 
Ini adalah tujuh gua terbaik yang patut dikunjungi di Amerika Serikat, dilaporkan laman Travel Noire, Selasa (19/9) waktu setempat.
 
1. Taman Nasional Gua Mammoth
 
Orang-orang melakukan perjalanan dari seluruh dunia untuk menyaksikan Gua Mammoth dari dekat. Ia memiliki jaringan gua alam dan lorong bawah tanah terbesar di dunia, yang merupakan contoh khas formasi batu kapur.
Setidaknya ada 285 mil lorong yang disurvei di dalam gua dan 80 mil lagi di luar gua. Para ilmuwan dan peneliti mengatakan taman tersebut menggambarkan sejumlah tahapan sejarah evolusi bumi. Flora dan faunanya merupakan salah satu satwa liar terkaya dengan lebih dari 130 spesies.
 
Sejarahnya yang unik dan kekayaan keanekaragaman tumbuhan dan hewan menjadi alasan mengapa taman ini mendapat gelar Situs Warisan Dunia UNESCO dan Cagar Biosfer Internasional.
 
2. Gua Air Terjun Ruby
 
Ruby Falls terletak di dalam Lookout Mountain di Chattanooga, Tennessee. Ditemukan pada tahun 1928, Ruby Falls adalah rumah bagi air terjun bawah tanah umum tertinggi dan terdalam di Amerika Serikat.
 
Air terjun bawah tanah ini terletak lebih dari 1.120 kaki di bawah permukaan gunung. Pengunjung akan turun sekitar 26 lantai ke dalam gua di gunung sebelum menjelajahi jalur indah air terjun bersama pemandu wisata.
 
3. Gua Carlsbad
 
Taman Nasional Carlsbad Caverns terletak di Gurun Chihuahuan di selatan New Mexico. Ini adalah gurun terluas di Amerika Utara yang membentang dari selatan Albuquerque dan negara bagian Chihuahua, Coahuila, Durango, Nuevo León di Meksiko, dan banyak lagi.
 
Di bawah taman nasional ini terdapat lebih dari 300 gua di bawah permukaan taman.
 
Setidaknya 113 terbentuk ketika asam sulfat melarutkan batu kapur di sekitarnya. Gua Lechuguilla adalah gua batu kapur terdalam dan terpanjang keempat di negara ini dengan ketinggian 1.567 kaki.
 
4. Monumen Nasional Lava Beds
 
Wisatawan taman nasional lainnya dapat menikmati gua di Lava Beds di Tulelake, California. Letusan gunung berapi di Medicine Lake menciptakan lanskap terjal dengan lebih dari 800 gua di seluruh taman.
 
Sebelum memasuki gua lava, pengunjung memerlukan izin. Izin gua tidak dipungut biaya, namun hal ini membantu memastikan pengunjung siap memasuki gua dengan aman. Ada 24 gua yang bisa dijelajahi, dan masing-masing gua berbeda. Pengunjung taman dapat memilih antara tantangan yang paling sedikit, sedang, dan paling menantang.
 
5. Gua Luray
 
Luray Caverns berada jauh di bawah Pegunungan Blue Ridge di Virginia. Tengara alam yang indah ini adalah tempat pengunjung akan menemukan gua-gua terbesar di bagian timur Amerika Serikat.
 
Mengunjungi gua adalah pengalaman yang nyata. Gua-gua tersebut memiliki sekelompok ruangan yang tingginya berkisar antara 30 kaki hingga 140 kaki. Ruangan tersebut dipenuhi dengan tiang-tiang batu yang menjulang tinggi dan kolam sebening kristal. Para petualang dapat menjelajahi gua-gua karena adanya koridor, tangga, dan jembatan yang terhubung dan diterangi oleh pencahayaan tidak langsung.
 
6. Cosmic Cavern
 
Terletak di kota Berryville adalah salah satu atraksi alam paling indah di Arkansas yaitu Cosmic Cavern. Ini adalah “gua pertunjukan” milik swasta terbesar di negara bagian ini.
 
Dengan tinggi 9 kaki, ini jadi yang terpanjang yang dikenal di Ozarks, dan dua danau gua tanpa dasar.
 
Ada dua cara untuk menjelajahi Cosmic Cavern. Cara pertama adalah melalui tur jalan kaki berpemandu yang memakan waktu kurang dari dua jam. Panduan ini akan menyoroti banyak formasi di dalam, termasuk stalaktit, stalagmit, flowstone, sedotan soda, heliktit, daging gua, tirai, dan speleothem lainnya.
 
Tur liar adalah pilihan kedua. Pemandu akan membawa para pecinta petualangan ke tempat-tempat yang jarang dikunjungi wisatawan pada jam kerja reguler. Para tamu akan melihat pemandangan yang menakjubkan, menjelajahi danau tanpa dasar dan merangkak melalui kedalaman tak terbatas dari gua yang indah ini.
 
7. Gua Laut yang Hilang Tennessee
 
Laut yang Hilang adalah keajaiban alam unik yang dikenal sebagai danau bawah tanah terbesar di Amerika.
 
Seorang pemandu akan membawa pengunjung dalam perjalanan menjelaskan sejarah gua dan fakta menarik. Di dasar gua adalah tempat dimulainya perjalanan perahu di The Lost Sea. Danau ini memiliki luas lebih dari empat hektar dan diakui oleh Departemen Dalam Negeri AS sebagai Tempat Wisata Alam Nasional yang Terdaftar, karena banyaknya koleksi “bunga gua” yang langka. Danau ini terletak 140 kaki di bawah permukaan tanah.

Baca juga: Tips membangun percaya diri saat menjadi solo traveler

Baca juga: Baik-buruk skema "paylater" saat merencanakan perjalanan

Baca juga: Berapa kocek untuk melancong ke Eropa dan Turki saat ini?

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023