Beijing (ANTARA) - Sebanyak 54,7 miliar perjalanan penumpang dilakukan menggunakan jaringan transportasi umum perkotaan di China setiap tahunnya, demikian data dari Kementerian Transportasi China menyebutkan.

Menurut kementerian itu, sekitar 703.000 bus dan trem beroperasi di wilayah perkotaan China, dengan lebih dari 540.000 di antaranya ditenagai oleh energi baru. Layanan kereta perkotaan juga tersedia di 54 kota di China, dengan total jarak operasional lebih dari 9.700 kilometer.

Di negeri Tirai Bambu ini terdapat 15 juta sepeda yang dapat disewa secara daring, dan rata-rata sekitar 30 juta perjalanan dilakukan menggunakan sepeda sewaan itu setiap harinya.

China telah membuat kemajuan yang luar biasa dalam mengembangkan sistem transportasi umum perkotaan dan mempromosikan perjalanan ramah lingkungan, kata Wakil Menteri Transportasi China Li Yang.

Pemerintah daerah harus memperkuat dukungan kebijakan untuk memprioritaskan pengembangan transportasi umum perkotaan, menyempurnakan sistem layanan perjalanan perkotaan yang ramah lingkungan, dan terus meningkatkan layanan perjalanan yang bebas hambatan dan ramah bagi kaum lanjut usia (lansia), tutur Li.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023