AsiaNet 100339

Haikou, China (ANTARA/Xinhua-AsiaNet) -- Delegasi dari Hainan, pelabuhan perdagangan bebas terbesar China, berhasil merampungkan lawatan persahabatan mereka ke Uni Emirat Arab dan Hong Kong SAR, pada 17 September. Sepanjang kunjungan ini, delegasi tersebut terlibat dalam berbagai negosiasi ekonomi dan perdagangan, melakukan aktivitas promosi investasi, dan menerbitkan obligasi luar negeri, menunjukkan komitmen teguh Hainan untuk memperluas keterbukaan tingkat tingginya, menurut Departemen Publisitas Komite Partai Hainan.

Hong Kong bukan hanya sumber investasi asing terbesar bagi Hainan, tapi juga salah satu mitra dagang terpentingnya. Selama lawatannya ke Hong Kong, Hainan menggelar konferensi promosi di mana Haikou Fullsing Internet Industrial Park mencapai perjanjian kerja sama dengan lima perusahaan dan institusi. Dalam pertemuan antara John Lee Ka-chiu, Kepala Eksekutif Hong Kong SAR, dan Liu Xiaoming, Gubernur Provinsi Hainan, John Lee Ka-chiu mencatat bahwa industri jasa profesional Hong Kong di bidang akuntansi, keuangan, hukum, serta inovasi dan teknologi memiliki banyak bakat. Ia juga menunjukkan bahwa industri-industri ini dapat memberikan dukungan bagi pengembangan pelabuhan perdagangan bebas Hainan, sekaligus menawarkan peluang pengembangan yang lebih luas bagi para profesional di industri jasa Hong Kong.

Selama lawatan mereka ke Uni Emirat Arab, delegasi Hainan menyelenggarakan "Konferensi Promosi Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan China - UEA" dengan tujuan untuk mempromosikan kebijakan pelabuhan perdagangan bebas Hainan, menyoroti pencapaiannya dalam pembangunan berkualitas tinggi, mendorong perusahaan UEA berinvestasi dan mendirikan usaha di Hainan, serta membina kerja sama di berbagai sektor termasuk ekonomi, perdagangan, industri, budaya, pariwisata, dan teknologi antara kedua wilayah.

Selama lawatan tersebut, Provinsi Hainan merampungkan penetapan harga nilai buku obligasi pemerintah daerah Renminbi luar negeri untuk tahun 2023 di Hong Kong, dengan total jumlah penerbitan sebesar 5 miliar RMB 5. Dana yang terkumpul sebagian besar akan diinvestasikan di berbagai bidang seperti layanan kesehatan, pendidikan, konservasi laut, pemantauan dan restorasi lingkungan, serta perlindungan sumber daya spesies.

Sumber: Departemen Publisitas Komite Partai Hainan

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023