Hangzhou (ANTARA) - Kapal rumah sakit milik Angkatan Laut (AL) China "Peace Ark" tiba di pelabuhan yang berlokasi di Zhoushan, Provinsi Zhejiang, China timur pada Selasa (19/9) pagi waktu setempat usai merampungkan kunjungan persahabatan dan layanan medis kemanusiaan ke Kiribati, Tonga, Vanuatu, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste.

Sejak keberangkatannya pada 3 Juli lalu, kapal tersebut telah menempuh jarak sejauh lebih dari 12.000 mil laut (22.224 km) selama 79 hari.

Selama menjalankan misinya, kapal itu menerima kunjungan para pemimpin negara, pejabat militer dan politik, serta perwakilan dari sejumlah organisasi internasional, delegasi asing, komunitas perantau China, serta militer, polisi, dan warga sipil setempat.

Kapal tersebut telah menggelar lima resepsi dek, menyelenggarakan 23 pertukaran akademis, dan 10 acara budaya, serta berpartisipasi dalam latihan gabungan pertamanya dengan AL Tonga.

Kapal itu juga menyediakan perawatan medis bagi 41.358 orang dari berbagai negara, melakukan pemeriksaan fisik terhadap 491 orang, dan melakukan 192 prosedur bedah bagi penduduk.

Selain itu, kapal tersebut juga mengirim 47 tim medis untuk memberikan layanan medis di komunitas lokal, sekolah, dan rumah sakit.

Tenaga kesehatan dari tim medis tersebut juga membantu proses kelahiran tiga bayi di atas kapal.

"Peace Ark", kapal rumah sakit maritim standar pertama yang dirancang dan dibangun secara independen oleh China, menjalankan banyak misi medis kemanusiaan di luar negeri sejak mulai bertugas pada 2008.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023