Kairo (ANTARA News) - Presiden Mesir Mohamed Moursi pada Selasa bertolak ke Brazil untuk kunjungan resmi pertama selama tiga hari dalam upaya memperkuat kerja sama ekonomi.

Dalam kunjungan tersebut Moursi bertemu antara lain dengan timpalannya, Presiden Brazil Dilma Vana Rousseff, Ketua Kongres Nasional, Renan Calheiros, Ehab Fahmi.

Presiden yang disertai sejumlah pengusaha Mesir dalam kunjungan itu dijadwalkan pula bertemu dengan Perhimpunan Pengusaha Brazil-Mesir di kota perdagangan utama Brazil, Sao Paulo.

Moursi menulis di statusnya di jejaring sosial facebook dengan mengatakan, tujuan utama lawatannya ke Brazil ini adalah untuk meningkatkan volume kerja sama ekonomi dan perdagangan bilateral kedua negara dan peningkatan nilai investasi Brazil di Mesir.

Nilai kerja sama ekonomi antara Mesir dan Brazil berkisar 3 miliar dolar AS setiap tahun, demikian Badan Pusat Statistik Mesir.

Disebutkan, misi kunjungan juga akan melihat secara dekat keberhasilan Brazil dalam pemberantasan kemiskinan dan penerapan pembangunan ekonomi dan sosial.

Kalangan pengulas politik menilai sasaran lain kunjungan Presiden Moursi ke Brazil juga adalah melakukan pendekatan dengan negara Amerika Latin itu untuk bergabung dengan BRICS.

BRICS merupakan kelompok kerja sama ekonomi beranggotakan lima negara yang pertumbuhan ekonominya sangat pesat. Kelima negara itu ialah Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Sebelumnya Presiden Moursi telah mengunjungi empat negara dalam kelompok itu, yakni Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Lawatan Presiden Moursi ini dilakukan beberapa jam setelah pengambilan sumpah delapan menteri baru dalam perombakan kabinet pimpinan Perdana Menteri Hesham Qandil. (M043/M016)

Pewarta: Munawar Saman Makyanie
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013