Xi'an (ANTARA) - Sejumlah arkeolog di Provinsi Shaanxi, China barat laut, berhasil menemukan makam kaisar pendiri Dinasti Zhou Utara (557-581) di Kota Xianyang.

Menurut Akademi Arkeologi Shaanxi pada Selasa (19/9), kaisar tersebut bernama Yuwen Jue.

Makamnya berlokasi di Desa Beihe, Distrik Weicheng, Xianyang.
 
(Xinhua)   


Area itu memiliki persebaran makam berkualitas tinggi yang terkonsentrasi dari masa Dinasti Utara (439-581) hingga dinasti Sui dan Tang (581-907).

Makam tersebut, menghadap ke selatan, merupakan satu makam gua tanah satu bilik dengan empat patio di lorong makam yang melandai.

Makam itu memiliki panjang 56,84 meter dari utara ke selatan dan bagian dasar makam tersebut berada 10 meter di bawah permukaan saat ini.

Makam dari masa Dinasti Zhou Utara tersebut berukuran sedang.

Berdasarkan prasasti di sisi timur pintu masuk makam itu, para arkeolog telah memastikan bahwa pemilik makam tersebut adalah kaisar Yuwen Jue (542-557).
 
   (Xinhua)


Dahulu makam itu pernah dijarah, dan sejauh ini ada 146 benda pemakaman yang telah digali oleh para arkeolog, sebagian besar berupa patung tembikar.

Penemuan makam tersebut sangat penting bagi penelitian sejarah tentang kaisar-kaisar Dinasti Utara, sebut Asisten Peneliti di Akademi Arkeologi Shaanxi, Zhao Zhanrui.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023