UI sangat bangga dengan pencapaian ini yang mencerminkan dedikasi dalam menjalin koneksi dan berinteraksi dengan masyarakat melalui medsos
Depok, Jabar (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) kembali mencatat prestasi dengan menggapai predikat universitas paling populer di media sosial (medos) tahun 2023 dan menjadi yang terbaik dari 15 universitas negeri dan swasta yang ikut serta dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Edutech RevoU.

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Dra. Amelita Lusia di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Rabu mengatakan UI sangat bangga dengan pencapaian ini yang mencerminkan dedikasi dalam menjalin koneksi dan berinteraksi dengan masyarakat melalui medsos.

"Hal ini sejalan dengan misi kami untuk terus berinovasi dalam menyampaikan semua pencapaian UI kepada publik internal dan eksternal, dan semua pihak yang peduli terhadap perkembangan UI," katanya.

Lebih lanjut Amelita menambahkan prestasi ini memotivasi UI untuk terus meningkatkan kualitas konten dan interaksi di media sosial, serta menjadikan UI sebagai lembaga pendidikan yang selalu terhubung dengan berbagai kalangan.

Pihaknya berterima kasih kepada seluruh sivitas UI dan masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan penuh dengan aktif mengikuti medsos UI.

Ia menambahkan capaian tersebut dirilis RevoU pada Agustus 2023 dengan hasil studi data berjudul “15 Universitas Indonesia Paling Populer di Media Sosial Tahun 2023”.

Untuk menentukan universitas di Indonesia yang memiliki medsos terbaik, RevoU mengumpulkan dan membandingkan jumlah pengikut di media sosial (Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, TikTok), jumlah konten di masing-masing platform media sosial kampus, serta strategi konten di media sosial masing-masing kampus.

Ke-15 universitas yang mengikuti pemeringkatan tersebut disaring RevoU menggunakan data 15 universitas terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) World Ranking 2024.

Berdasarkan studi data tersebut, UI berada di peringkat 1, universitas dengan jumlah pengikut terbesar di Twitter (X) dan LinkedIn, dengan angka 1.2 juta pengikut di Twitter (X) dan 281.672 pengikut di LinkedIn.

Sementara itu, UI berada di peringkat 2 jumlah pengikut terbanyak di Instagram dengan angka 870.972, peringkat 2 jumlah pengikut terbanyak di TikTok dengan angka 27.400, dan peringkat 5 jumlah pengikut terbanyak di YouTube dengan angka 62.800.

UI juga menduduki peringkat tiga teratas produksi konten terbanyak di Instagram dan Twitter. Jumlah total tweets di akun Twitter UI berada di angka 36.233 tweets dan UI memiliki 3.558 unggahan di Instagram. Capaian tersebut menunjukkan komitmen UI dalam menyampaikan informasi terkini yang lengkap dan update.

Dalam setiap unggahan di Twitter, UI menggunakan tagar #UniversitasIndonesia dan #UIupdate. Sementara di Instagram, UI tidak hanya menyampaikan pengumuman, namun juga secara rutin menyorot kisah inspiratif dari sivitas akademika terbaik di UI dalam bentuk tulisan singkat.

Secara keseluruhan, universitas-universitas negeri mendominasi peringkat 10 besar media sosial terbaik.

RevoU merupakan platform pendidikan daring terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai kelas bootcamp dan berfokus pada kebutuhan industri teknologi digital, mulai dari digital marketing, data analytics, hingga software engineering, demikian Amelita Lusia.

Baca juga: UI terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking

Baca juga: UI posisi 20 besar dunia di The Impact rangkings 2023

Baca juga: UI pertahankan peringkat pertama terbaik di Indonesia

Baca juga: UI perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023