Banda Aceh (ANTARA) - Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Novi H Prasetya, menyatakan, kehadiran ulama menjadi penyejuk situasi nasional bangsa Indonesia umumnya dan Aceh khususnya.

“Kami mengajak para ulama se-Aceh untuk berperan serta menjaga perdamaian dan kesejukan suasana yang berada di wilayahnya masing-masing, karena ulama adalah panutan masyarakat,” kata dia, di Markas Komando Kodam Iskandar Muda, di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: Kodam IM ungkap penyelundupan imigran Rohingya dari Aceh ke Malaysia

Pernyataan itu dia sampaikan di sela-sela silaturahmi ulama se-Aceh bersama panglima Kodam IM di ruang pertemuan Keumalahayati, Markas Komando Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh.

Ia menjelaskan dalam perkembangan situasi global, regional dan situasi nasional serta menghadapi Pemilu 2024, ulama se-Aceh dapat terus berperan memberi panduan moral, etika dan nilai bagi masyarakat khususnya generasi muda.

Baca juga: Satgas Yonif 131 bagikan tas sekolah dan pakaian di perbatasan RI-PNG

Kemudian ulama se-Aceh dapat menyerukan perdamaian, toleransi dan menciptakan suasana harmonis dalam kehidupan bermasyarakat di seluruh provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Ia mengatakan sebagai pemimpin spiritual dan moral, peran Ulama memiliki arti penting dalam menghadapi semua tantangan terutama dalam menyebarkan akidah, moral dan etika sesuai dengan karakter bangsa Indonesia.

Baca juga: Kodam Iskandar Muda gelar latihan senjata berat kendaraan tempur

Ia berharap kepada seluruh ulama se-Aceh untuk terus menyampaikan pesan-pesan pencerahan kepada masyarakat sehingga suasana kedamaian di wilayah masing-masing terjaga dengan baik.

Ia menambahkan berbagai tantangan yang dihadapi saat ini perlu adanya kerja sama semua komponen terutama para ulama yang menjadi panutan bagi masyarakat.

Baca juga: TMMD di Aceh bangun 9,8 kilometer jalan

Perwakilan Ulama Aceh, Tgk Tu Bulqaini, meminta seluruh jajaran Kodam IM hingga level terendah untuk meningkatkan silaturahmi dengan para ulama yang ada di seluruh provinsi setempat. “Silaturrahmi dengan ulama menjadi wadah mempererat ukhwah dan kemajuan NKRI,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023