Jakarta (ANTARA/JACX) – Beredar unggahan video di YouTube menarasikan bahwa PDIP meresmikan duet Ganjar dan Ridwan Kamil sebagai Capres dan Cawapres 2024.

Dalam thumbnail unggahan video tersebut, terdapat foto Puan Maharani, Megawati, Joko Widodo, Ganjar Pranowo dan juga Ridwan Kamil dalam satu frame dengan narasi ‘GEMPARKAN INDONESIA, PDIP usung Ganjar dan Ridwan Kamil di Pilpres 2024’.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“GEGER MALAM INI || PDIP RESMI DUET GANJAR & RIDWAN KAMIL MAJU DI PILPRES 2024”

Namun, benarkah PDIP resmikan duet Ganjar – Ridwan Kamil pada 15 September?

 

Unggahan disinformasi yang menarasikan video PDIP resmi mengusung Ganjar-RK di Pilpres 2024 pada 15 September. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto dalam thumbnail tersebut merupakan editan. Foto aslinya merupakan saat deklarasi Calon Presiden dari PDIP di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). PDIP resmi mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres pada Pemilu 2024. Dalam foto tersebut tidak terdapat Ridwan Kamil, foto asli bisa dilihat di laman Republika.

Selain itu, narator hanya membacakan artikel dari laman Ayo Bandung yang berjudul “Kurang Dari 30 Hari Menuju Pendaftaran, PDIP Benarkan Ridwan Kamil Masuk Bacawapres Ganjar Pranowo”. Dalam artikel tersebut menarasikan, setelah Ridwan Kamil resmi pensiun dari jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat, perbincangan Ridwan Kamil cocok menjadi pasangan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 ramai diperbincangkan.

Keduanya dikatakan cocok sebagai capres dan cawapres, karena memiliki kekuatan di daerah yang berbeda, sehingga jika disatukan elektabilitas Ganjar akan meningkat.

Sebelumnya, pada 5 September lalu, petinggi DPP PDIP Ahmad Basarah menyebut politikus Golkar Ridwan Kamil (RK) termasuk tokoh yang dipertimbangkan untuk dijadikan cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Kemudian, pada 14 September, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara. Dia menegaskan, Partai Golkar menyiapkan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur, bukan sebagai Cawapres Ganjar.

Pada 18 September, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut sosok Agus Harimurti Yudhoyono dan Ridwan Kamil sudah tidak mungkin mendampingi Ganjar Pranowo sebagai bakal calon wakil presiden seiring dengan perbedaan koalisi, dilansir dari ANTARA.

Hingga saat ini, PDIP belum mengumumkan siapa yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Klaim: PDIP resmikan duet Ganjar – Ridwan Kamil pada 15 September

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Megawati jadikan Jokowi sebagai Ketua Umum PDIP pada 15 Juni

Cek fakta: Hoaks! Video Ridwan Kamil bubarkan dinas sosial

Baca juga: Survei PRC: Elektabilitas Ganjar-RK unggul dalam tiga simulasi

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023