Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Josef Nae Soi mengadakan audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo terkait dengan kesiapan provinsi itu sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028.

NTT dan NTB secara resmi terpilih menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2028. Penetapan itu disahkan dalam acara Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada tahun 2022 yang lalu.

"NTT harus persiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik, kita harus mempersiapkan hospitality management yang bagus, masyarakat harus ramah menerima para atlet maupun tamu dari seluruh Indonesia," kata Josef Nae Soi dilansir dari keterangan resmi, Rabu.

Baca juga: NTB dan NTT resmi jadi tuan rumah PON 2028
Baca juga: Slank suarakan dukungan NTB-NTT tuan rumah bersama PON 2028


Josef Nae Soi yang juga merupakan Ketua Komite Olahraga Nasional ( KONI) NTT mengatakan untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah PON 2028 butuh beberapa hal antara lain dari regulasi yang diterbitkan pemerintah.

"Kami berharap supaya pemerintah pusat bisa menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) penunjukan kami sebagai tuan rumah PON 2028. Kalau Keppres ini diterbitkan lebih cepat maka kami memiliki landasan untuk mempersiapkan PON ini. Dan setelah itu, baru kita sinkronisasi dengan pemerintah pusat, NTB dan NTT," ungkap Josef Nae Soi.
Menanggapi hal tersebut, Menpora Dito menyambut baik NTT menjadi tuan rumah PON 2028.

"Intinya begini Pak Wagub, saya ingin NTT minimal bisa mempersiapkan diri dulu terkait PON 2028 ini. NTT bisa melihat apa saja kelebihan dari PON Papua. Dan NTT juga bisa melihat bagaimana persiapan PON Sumut - Aceh. Dan ini bisa ditiru oleh NTT dalam mempersiapkan diri untuk PON 2028. Terkait Keppres mungkin bisa kita bahas lagi setelah melihat penyelenggaraan PON Sumut-Aceh," kata Menpora Dito.

Baca juga: Revitalisasi lokasi pertandingan PON 2028 tidak dilakukan secara masif
Baca juga: NTB tunggu arahan pusat soal pembangunan stadion PON 2028


Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023