Ini adalah sepak bola terbaik yang kami mainkan sejak saya menjadi pelatih Barca
Jakarta (ANTARA) - Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez sangat puas dengan kemenangan telak 5-0 timnya dari Royal Antwerp pada laga perdana babak penyisihan Grup H Liga Champions 2023/2024 di Estadio Olimpico Lluis Companys, Rabu WIB.

Lima gol Barcelona yang dicetak masing-masing oleh Joao Felix dengan dua gol, Robert Lewandowski, Gavi, serta gol bunuh diri Bataille, itu membuat Xavi percaya diri menyebut kemenangan itu sebagai laga terbaiknya selama melatih El Barca sejak ditunjuk sebagai nahkoda pada November 2021 silam.

"Ini adalah sepak bola terbaik yang kami mainkan sejak saya menjadi pelatih Barca,” kata Xavi, dilansir dari laman resmi klub, Rabu.

Skor 5-0 merupakan skor kemenangan telak terbesar El Barca pada laga pembuka Liga Champions sejak terakhir kali meraihnya saat menang 7-0 dari Glasgow Celtic pada 2016.

Baca juga: Barcelona awali Liga Champions dengan pesta ke gawang Royal Antwrep

Juga, kemenangan lima gol tanpa balas adalah kemenangan kedua berturut-turut Blaugrana pada musim ini setelah sebelumnya menaklukkan Real Betis di LALIGA 2023/2024 pada Sabtu (16/9) lalu.

“Semuanya positif dan penonton mendukung kami. Mereka pulang dengan gembira mengetahui bahwa kami memberikan semua yang kami miliki,” kata pelatih 43 tahun itu.

“Namun kami harus berhati-hati dan terus bekerja keras. Namun, kami berada di jalur yang benar. Kami menerapkan tekanan yang dalam sepanjang pertandingan dan memainkan sepak bola dengan posisi yang bagus juga,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Xavi memberikan pujiannya kepada pemain barunya yang didatangkan dari Atletico Madrid, Joao Felix.

Baca juga: Barcelona datangkan Joao Felix dan Cancelo dengan status pinjaman

Felix yang mencetak 2 gol dan 1 assist pada laga itu atau secara keseluruhan telah mencetak 3 gol dan 1 assist dari dua laga pertamanya untuk Barca juga menorehkan rekor tersendiri bagi klub sebagai pendatang terbaik dari satu dekade terakhir.

"Saya telah mengatakan kepada Joao Felix bahwa semakin sederhana dia bermain, semakin mudah dia mencetak gol. Dia memiliki kualitas individu terbaik dan merupakan pemain yang sangat cerdas. Dia menikmati dirinya di sini,” puji Xavi.

Kemenangan ini mengokohkan Barca di puncak klasemen Grup H dengan 3 poin, diikuti FC Porto pada posisi kedua dengan poin yang sama.

Lewandowski dan kawan-kawan akan melakoni laga kedua di turnamen antar--klub paling elite di Eropa itu ketika tandang menjamu FC Porto di Stadion do Dragao pada bulan depan tepatnya pada 5 Oktober.

Baca juga: Manchester City amankan tiga poin usai tekuk Crvena Zvezda 3-1
Baca juga: Paris Saint-Germain amankan kemenangan 2-0 atas Borussia Dortmund
Baca juga: Pioli kecewa timnya gagal manfaatkan peluang emas saat lawan Newcastle


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023