Ottawa (ANTARA) -  Indeks harga konsumen (consumer price index/CPI) Kanada naik 4 persen pada Agustus secara tahunan (year on year/yoy), menyusul kenaikan 3,3 persen pada Juli lalu, menurut Statistics Canada pada Selasa (19/9).

Akselerasi utama dari kenaikan itu sebagian besar disebabkan oleh kenaikan harga bensin (yoy) yang makin tinggi pada Agustus. Jika tidak memasukkan bensin ke dalam kalkulasi, CPI naik 4,1 persen pada Agustus, sama dengan kenaikan 4,1 persen pada Juli lalu, kata badan statistik nasional Kanada itu.

Selain menghadapi harga energi yang makin tinggi, warga Kanada harus membayar lebih banyak untuk bunga sewa dan hipotek pada Agustus. Namun demikian, penurunan harga layanan perjalanan dan kenaikan yang lebih kecil pada harga pangan dibandingkan bulan sebelumnya melunakkan kenaikan CPI semua barang, lanjut badan tersebut.

Secara bulanan, CPI Kanada naik 0,4 persen pada Agustus, menyusul kenaikan 0,6 persen pada Juli lalu. Perlambatan kenaikan bulanan itu terutama didorong oleh perjalanan wisata dan transportasi udara, seiring dengan penurunan harga secara bulanan (month on month) setelah puncak permintaan perjalanan musim panas pada Juli, kata Statistics Canada. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023