● Kerja sama ini membantu institusi keuangan menyediakan lebih banyak pilihan pembayaran lintas negara kepada nasabah
● Pembayaran yang dilakukan oleh bank melalui Swift akan diselesaikan di Wise dengan cepat dan mudah melalui penawaran Layanan Koresponden (Correspondent Services) baru dari Wise Platform

Toronto--(ANTARA/Business Wire)-- Swift dan Wise mengumumkan kerja sama inovatif untuk memperluas pilihan pembayaran lintas negara bagi institusi keuangan dan nasabah mereka, sehingga pembayaran yang dikirim melalui Swift dapat dilaksanakan melalui Wise dengan transparansi total dan tanpa kendala.

Institusi keuangan yang ingin menginovasi penawaran mereka dapat meneruskan instruksi pembayaran Swift secara langsung ke Wise Platform melalui solusi Correspondent Services terbarunya. Wise Platform adalah solusi infrastruktur dari Wise untuk bank dan perusahaan besar. Hasilnya, nasabah mereka dapat menikmati kecepatan dan kemudahan Wise serta keluasan Swift tanpa perlu melakukan perubahan besar pada sistem mereka.

Wise Platform akan memanfaatkan kemampuan Swift yang canggih untuk mendukung layanannya, termasuk cloud dan API Connectivity, serta Pre-validation Payment, dan tetap menawarkan semua fitur khas Swift GPI kepada bank, termasuk sistem status tracker pembayaran yang akan diperbarui oleh Wise Platform demi menjamin visibilitas total di kedua jaringan.

Kolaborasi yang diumumkan dalam konferensi tahunan Sibos di Toronto ini adalah awal hubungan lebih luas, dan terjalin di saat ekosistem keuangan mengalami peningkatan inovasi dan fragmentasi, yang menciptakan lebih banyak cara pergerakan uang – dan mendorong konsumen untuk menuntut pilihan baru. Hal ini menunjukkan pentingnya bentuk-bentuk kerja sama baru agar ada lebih banyak pilihan yang tersedia, sekaligus mempertahankan konektivitas yang aman, andal, dan inklusif. Kerja sama ini selaras dengan tujuan G20 dan Sustainable Development PBB dalam hal kecepatan, transparansi, biaya dan akses transaksi lintas negara.

Steve Naudé, Managing Director Wise Platform, menjelaskan:
“Kami memahami bahwa bank menghadapi sejumlah tantangan dalam meningkatkan pembayaran internasional, termasuk tantangan yang mengharuskan bank untuk menerapkan teknologi yang tidak kompatibel dengan infrastruktur lama. Dengan memanfaatkan arsitektur pembayaran yang ada dan mengoptimalkan pembayaran secara bersamaan melalui jaringan global Wise, kami membantu bank untuk berinovasi dengan mudah. Perpaduan antara jaringan kami dengan jangkauan luas dan kemampuan pelacakan Swift akan membuat pembayaran internasional menjadi lebih mudah, cepat, dan hemat, tanpa memerlukan perombakan teknologi besar-besaran."

Berkat jaringan pembayaran global milik Wise, lebih dari 57% pembayaran lintas negara terselesaikan secara instan (kurang dari 20 detik), dan lebih dari 90% transaksi terselesaikan kurang dari satu jam. Dengan memanfaatkan solusi Correspondent Services milik Wise Platform, lembaga keuangan hanya perlu melakukan satu perubahan konfigurasi sederhana agar pelanggan dapat langsung mendapatkan manfaat dari pembayaran internasional yang lebih cepat, hemat, dan mudah.

Thierry Chilosi, Chief Strategy Officer Swift, mengatakan:
“Swift telah membangun infrastruktur global yang terpercaya dan dapat diandalkan setiap hari. Kerja sama dengan Wise ini menggambarkan bagaimana Swift dapat menjadi landasan bagi seluruh industri untuk berinovasi demi meningkatkan kualitas pembayaran lintas negara dan memperbanyak pilihan yang ada bagi pelanggan di seluruh dunia. Kerja sama seperti ini akan sangat berdampak dalam upaya kami mencapai target G20 terkait pembayaran lintas negara dan memungkinkan pergerakan uang yang efisien, aman, dan tanpa kendala di seluruh belahan dunia."

Swift menyediakan infrastruktur terbaik yang dapat dijalankan dengan lancar di seluruh wilayah geografis, jaringan, dan teknologi, serta secara netral mendukung mata uang fiat atau digital. Swift mendukung sistem keuangan global yang inklusif dan berkelanjutan dengan menghubungkan lebih dari 11.500 lembaga di lebih dari 200 negara dan wilayah secara aman untuk memindahkan uang yang jumlahnya setara dengan PDB dunia kurang lebih tiap tiga hari sekali. Dengan berfokus kuat pada inovasi, Swift selalu meningkatkan standar pengalaman lintas negara dengan kemampuan canggih yang menghilangkan hambatan, meningkatkan kecepatan, serta memperkuat keamanan dan transparansi.

Tentang Wise Platform

Wise adalah perusahaan teknologi global yang menciptakan cara terbaik bagi perpindahan uang di seluruh dunia. Dalam sepuluh tahun terakhir, Wise telah membangun jaringan pembayaran lintas negara yang baru dan kelak akan memberdayakan uang tanpa batas bagi semua orang, di mana saja.

Berkat Wise Platform, berbagai perusahaan dan bank besar dapat memanfaatkan teknologi Wise dan menggunakan cara terbaik untuk mengirim, menerima, dan mengelola uang di seluruh dunia ke dalam infrastruktur yang ada. Wise Platform menyediakan infrastruktur keuangan ke lebih dari 70 mitra di seluruh dunia, termasuk sebagian dari bank, neobank, dan penyedia sarana bisnis terbesar dan terpercaya di dunia seperti Bank Mandiri, IndusInd, Monzo, Google Pay, dan Brex.

Tentang Swift

Swift adalah koperasi milik anggota global dan penyedia layanan financial messaging yang aman dan terkemuka di dunia. Kami menyediakan platform bagi komunitas kami untuk menyampaikan pesan dan standar komunikasi. Kami juga menawarkan produk dan layanan untuk memudahkan akses dan integrasi, identifikasi, analisis, dan kepatuhan terhadap peraturan.

Platform pengiriman pesan, produk, dan layanan kami menghubungkan lebih dari 11.500 perusahaan perbankan maupun sekuritas, infrastruktur pasar, dan pelanggan korporat di lebih dari 200 negara maupun wilayah. Meskipun Swift tidak menyimpan dana atau mengelola akun atas nama pelanggan, komunitas pengguna kami di seluruh dunia dapat berkomunikasi dengan aman, bertukar pesan keuangan standar dengan cara yang dapat diandalkan, sehingga mendukung arus keuangan global dan lokal, perdagangan dan perniagaan di seluruh dunia.

Swift berkantor pusat di Belgia. Tata kelola dan pengawasan internasional Swift memperkuat karakter struktur kerjasamanya yang bersifat global dan netral. Jaringan kantor Swift di seluruh dunia menjamin kehadiran aktif di semua pusat keuangan besar.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Wise
Tim Pers

Swift
FGS Global
+32 (0)2655 3377

Sumber: Wise

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023