Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memutar tuas untuk memulai pengisian air Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis.

Menurut keterangan pers dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden di Jakarta, Presiden memutar tuas yang berfungsi untuk membendung air di Bendungan Sepaku Semoi didampingi oleh sejumlah pejabat.

Pejabat yang mendampingi Presiden antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Gubernur Kalimantan Utara Isran Noor.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bob Arthur Lombogia dalam laporannya menyampaikan bahwa pembangunan konstruksi Bendungan Sepaku Semoi sudah 97 persen rampung.

"Bendungan ini sudah memenuhi syarat untuk dilakukan pengisian awal, sehingga Pak Presiden datang ke sini untuk melakukan pengisian awal Bendungan Sepaku Semoi," katanya.

Bendungan Sepaku Semoi di Kecamatan Sepaku akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan air baku di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sekitarnya.

Selain itu, Bendungan Sepaku Semoi akan difungsikan sebagai sarana pengendali banjir.

"Di daerah hilir ada kadang-kadang terjadi banjir sehingga bendungan ini nantinya akan berfungsi selain untuk (memenuhi kebutuhan) air baku juga akan berfungsi untuk pengendalian banjir," kata Bob.

Baca juga:
Kementerian PUPR: Bendungan Sepaku Semoi IKN beroperasi sesuai jadwal
Bendungan Sepaku Semoi dilengkapi
PLTS terapung

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023