Jakarta (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Suku Dinas PPKUKM Jakarta Timur mengadakan live shopping "Jumat Beli Lokal" untuk membantu pemasaran produk UMKM pada 22 September.

“Kegiatan ini juga digelar untuk mengetahui berbagai produk unggulan dari setiap kecamatan,” ujar Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis.

Ia menyatakan bahwa setiap produk UMKM telah dikurasi terlebih dahulu sebelum dapat berpartisipasi dalam program Jumat Beli Lokal.

Elisabeth mengatakan bahwa program tersebut merupakan pameran dalam jaringan (daring/online) bagi produk UMKM JakPreneur tematik, termasuk makanan, kriya, dan fesyen, untuk mendukung misi UMKM Go Digital.

JakPreneur adalah platform kreasi, fasilitasi, dan kolaborasi multisektor untuk pengembangan UMKM di DKI Jakarta.

Live shopping program Jumat Beli Lokal yang akan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Jakarta Timur Iin Mutmainnah tersebut akan berlangsung pada 22 September pukul 10.00 – 11.00 WIB.

Pembeli dapat menonton acara tersebut melalui kanal YouTube Pemerintah Kota Jakarta Timur, yaitu @SudinKominfotikJakartaTimur, serta akun Tokopedia Jamur Betawi dengan tautan tokopedia.com/jamurbetawi.

Tautan tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan pemesanan berbagai produk UMKM yang ditawarkan pada 20-25 September.

Selain melalui akun toko daring tersebut, pembeli juga bisa melihat katalog produk melalui bit.ly/KatalogJBLJT0923.

Bagi masyarakat yang memborong produk UMKM tersebut dengan minimal pembelian Rp250 ribu akan mendapatkan hadiah berupa tas belanja lipat.

Sementara hadiah untuk masyarakat yang bertransaksi dengan minimal pembelian Rp500 ribu adalah botol minum atau tumbler.

Elisabeth mengatakan bahwa acara serupa juga akan dilaksanakan di kota administratif lain di Jakarta.

“Kegiatan akan digelar bergiliran di semua wilayah,” katanya.

Sementara itu, melalui video yang diunggah di akun Instagram Suku Dinas PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur pada Kamis, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar mengajak seluruh warga untuk mendukung dan meramaikan program Jumat Beli Lokal ini serta bangga memakai produk lokal.

Baca juga: PPKUKM DKI sebut penggunaan produk dalam negeri sudah 91,82 persen

Baca juga: DKI manfaatkan aplikasi e-order serap produk Jakpreneur

Baca juga: DKI laksanakan program pendampingan sertifikasi halal bagi 3.075 UMKM


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023