Saat ini ada 89 bank sampah yang secara mandiri oleh warga dan tetap dalam pembinaan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang
Tangerang (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang mengajak masyarakat memanfaatkan sampah untuk dikreasikan menjadi nilai ekonomi sebelum dibuang ke tempat pembuangan sementara
(TPS) maupun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Tihar Sopian di Tangerang, Kamis, mengatakan saat ini banyak kelompok masyarakat yang mengelola sampah untuk menjadi produk bernilai.

Ia mengatakan, saat ini ada 89 bank sampah yang secara mandiri oleh warga dan tetap dalam pembinaan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang.

Baca juga: Pemerintah ajak pelaku industri untuk mengolah sampah sebelum dibuang

"Bank sampah ini jadi garda terdepan dalam pemilahan sampah dan sudah banyak hasil yang diperoleh warga dari program ini bahkan meraih penghargaan nasional," katanya.

Dikatakan Tihar, syarat pertama membuat bank sampah adalah kemauan untuk mengurus. Lalu membentuk organisasinya dengan struktur yang lengkap mulai dari ketua, sekretaris, bendahara dan lainnya.

"Nanti, akan dibuatkan surat keputusan oleh Kelurahan di wilayah masing-masing untuk membuat bank sampah," ujarnya.

Baca juga: Kabupaten Bantul berupaya membangun budaya mengolah sampah

Ia melanjutkan, DLH juga akan memberikan pembinaan kepada bank sampah bagaimana cara untuk memanfaatkan sampah-sampah dan juga sistem yang harus dilakukan. Selain itu, bank sampah juga dibebaskan untuk berkreasi dan membuat berbagai inovasi dari sampah-sampah yang didapatkan.

Ia berharap, masyarakat Kota Tangerang dapat memanfaatkan sampah-sampah yang dihasilkan sebelum dibuang ke TPS hingga TPA Rawa Kucing.

Sehingga, tidak terjadi penumpukan sampah hingga dapat meningkatkan perekonomian warga melalui sampah-sampah yang dikreasikan agar memiliki nilai ekonomi.

"Ayo sama-sama kita manfaatkan sampah yang ada menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi. Sehingga, tidak ada penumpukan sampah yang berlebih di Kota Tangerang. Jika membutuhkan informasi lainnya tentang bank sampah, silahkan menghubungi DLH Kota Tangerang melalui media sosial," ujarnya.

Baca juga: Mengolah sampah dari limbah menjadi duit

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023