Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris menggelar promosi terpadu bertajuk Fête de l’Archipel (Festival Nusantara) untuk meningkatkan citra Indonesia di Prancis dan mendorong peningkatan hubungan kedua negara.

"Rangkaian kegiatan promosi terpadu tersebut... untuk meningkatkan visibilitas dan citra positif Indonesia di mata Prancis," kata Mohamad Oemar, duta besar RI untuk Prancis, Monako, Andorra, dan UNESCO, melalui pernyataan KBRI Paris, Jumat.
 
Kegiatan promosi terpadu tahun ini disebutkan akan diselenggarakan dari 29 September- 5 Oktober 2023 dan meliputi berbagai kegiatan, antara lain pameran ekonomi dan perdagangan, peragaan busana, forum bisnis, malam budaya Indonesia, dan promosi kuliner.

Kegiatan Fête de l’Archipel akan diawali dengan partisipasi Indonesia pada Paris Fashion Week dalam Showroom Premiere Classe pada 29 September-2 Oktober.

Pameran yang telah masuk dalam agenda Paris Fashion Week tersebut didukung Kementerian Perdagangan dan Pemprov DKI Jakarta dengan membawa delapan jenama, yaitu ARTKEA, IKYK, Jewel Rocks, Aidan And Ice, Christin Wu, Elly Han, Long Story Short, dan 3Monkis.

Kegiatan kedua adalah forum bisnis, yang akan diselenggarakan pada 4 Oktober 2023, bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Prancis, MEDEF International, dan didukung Bank Indonesia serta berbagai BUMN Indonesia.

Forum Bisnis itu, kata KBRI Paris, direncanakan akan mengusung sektor-sektor prioritas Pemerintah Indonesia, termasuk transisi energi, digital, hilirisasi industri, dan pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Forum ini juga didukung penuh oleh Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Investasi/BKPM, dan Otorita IKN.

Setelah forum bisnis, acara lainnya adalah peragaan busana pada hari yang sama. Kegiatan yang didukung Bank Indonesia dan Pemprov DKI Jakarta itu akan menampilkan karya para desainer yang sebagian juga telah tampil pada Paris Fashion Week.

Peragaan Busana akan dipadukan dengan pertunjukan kesenian persembahan dari ISI Denpasar dan Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menurut pernyataan KBRI Paris.

Rangkaian festival akan ditutup dengan promosi kuliner pada 5 Oktober guna mempromosikan makanan dan rempah-rempah Indonesia serta meningkatkan ekspor rempah-rempah Indonesia ke Prancis, kata KBRI.


Baca juga: Radio dan televisi Prancis promosikan Indonesia selama sepekan

Baca juga: Dua desainer cilik asal Bandung ikut ramaikan Front Row Paris 2023

Pewarta: Katriana
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023