Kita melihat pembinaan para siswa di Akademi Kepolisian milik Polri kini semakin baik dan kini Akademi Kepolisian di Semarang ini semakin mendunia
Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Nasional Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengapresiasi karya ilmiah dua taruna Akademi Kepolisian (Akpol) yang meraih juara 1 pada Konferensi Sarjana Kepolisian Internasional (IUCP) 2023 di Korea Selatan.

"Prestasi dua siswa Akademi Kepolisian ini diharapkan bisa memotivasi siswa taruna Akpol lainnya agar bisa berprestasi dunia dalam bidang lainnnya," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, penghargaan IUCP dalam karya ilmiah ini adalah penghargaan bergengsi untuk siswa taruna akademi kepolisian atau sejenisnya di tingkat Asia.

"Kita melihat pembinaan para siswa di Akademi Kepolisian milik Polri kini semakin baik dan kini Akademi Kepolisian di Semarang ini semakin mendunia," kata Dosen Pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Baca juga: Presiden Erdogan titip pesan untuk Jokowi lewat Polwan lulusan terbaik

Kedua taruna Akademi Kepolisian itu adalah Althafandika Yaqzhan dan Prasna Daniswara. Mereka meraih juara dengan tema riset tentang perdagangan barang palsu di Asia Tenggara.

Penyerahan penghargaan keduanya dilakukan di Universitas Kepolisian Nasional Korea pada 20 September 2023
.
Konferensi Sarjana Kepolisian Internasional (International Undergraduate Conference on Policing/IUCP) merupakan lomba karya tulis ilmiah tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Institut Pendidikan Kepolisian Asia (Association of Police Training Institute in Asia/APTA).

Pada 2021 di ajang yang sama, Akademi Kepolisian Polri mampu meraih juara III dengan mengangkat tema penanganan prostitusi remaja.

Baca juga: Komandan Korps Brimob beri motivasi dan pesan bagi Taruna Akpol
Baca juga: Kapolri pesan ke Taruna Akpol jangan lupa ucapkan 3 kata ajaib

Pewarta: Santoso
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023