Jakarta (ANTARA) -
Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) melalui Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) menggelar sunatan masal di Pulau Papagarang dan Desa Pasir Panjang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, selama September 2023.
 
Siaran Pers Protelindo yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat menjelaskan, aksi sosial itu berlangsung di Pulau Papagarang pada 5 September dan di Desa Pasir Panjang, Kepulauan Rinca, Kabupaten Manggarai Barat pada 7 September 2023.
 
"Pada aksi sosial kali ini, kami mengajak mitra bisnis yaitu Indosat Ooredoo Hutchison dan XL Axiata untuk bersama memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk warga di Kepulauan, khususnya di Kabupaten Manggarai Barat," kata Indra Gunawan selaku Direktur Protelindo.  
 
Ia menjelaskan, aksi sosial di hari pertama, Selasa (5/9) Protelindo mengajak mitra bisnisnya, Indosat Oreedo Huchinson (IOH) untuk memberikan pelayan kesehatan sunatan massal dan penyuluhan kesehatan di Kepulauan Papagarang, Kabupaten Manggarai Barat.  
 
Menurut Soejanto Prasetya, Senior VP-Head of Regional East Java & Bali Nusa Tenggara Indosat Oreedo Huchinson (IOH), program dari Rumah Sakit Terapung Ksatria Erlangga (RSTKA) sangat membantu masyarakat, salah satunya program sunatan massal.
 
"Salah satu ciri perusahaan yang hebat adalah bisa memberi manfaat untuk orang yang lain, contohnya Protelindo. Disamping bekerja sama dengan Indosat, Protelindo juga memberi manfaat dengan orang, dan Insya Allah akan bermanfaat untuk masyarakat," katanya.
 
Papagarang merupakan sebuah pulau kecil berpenduduk sekitar 1.500 jiwa yang bisa ditempuh dari Labuan Bajo selama dua jam perjalanan laut. Pada tahun 2019, RSTKA juga pernah mengunjungi pulau ini untuk aksi pelayanan kesehatan.
 
“Terima kasih Protelindo, Saya gembira karena anak sudah sunat. Dia selama ini mau sunat tidak jadi-jadi, sekarang sudah tercapai dan sudah senang” ujar Ibu Mirnawati orang tua dari Warga Pulau Papagarang, Kab. Manggarai Barat.
 
Sementara pada aksi sosial kedua, Kamis (7/9), Protelindo mengajak mitra bisnisnya, XL Axiata untuk bersama memberikan pelayanan kesehatan dan sunatan massal di sebelah barat Pulau Flores, yaitu di Desa Pasir Panjang, Kepulauan Rinca, Kabupaten Manggarai Barat.
 
Bony Hendra Wijaya Head of Sales Area NTT XL Axiata mengapresiasi apa yang dilakukan Protelindo dan rumah sakit terapung untuk membantu pelayanan kesehatan warga kepulauan.
 
“Saya merasa kecil, karena apa yang saya lakukan dengan memberikan pelayanan jaringan, ternyata tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan apa yang dilakukan oleh dokter-dokter ini,” katanya.
 
Indra Gunawan mengatakan, Protelindo terus berkomitmet untuk dapat mendukung masyarakat sekitar baik untuk meningkatkan tingkat kesehatan dan pendidikan secara berkelanjutan, berkolaborasi dengan RSTKA, Indosat Ooredoo Hutchison serta XL Axiata.
 
"Ke depan, Protelindo akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaiknya melalui Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga di kepulauan lainnya di Indonesia bersama dengan mitra bisnis kami," katanya.

Baca juga: BPJS Kesehatan gandeng RS terapung layani kesehatan warga pesisir NTT

Baca juga: Unair berangkatkan relawan rumah sakit terapung ke NTT

Baca juga: Protelindo Group berbagi santunan kepada 1.000 anak yatim


 

Pewarta: Budhi Santoso
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023