Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengukuhkan keanggotaan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) masa bakti tahun 2023-2026 di Balairung, Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Jumat.

Sebanyak 30 anggota DKJ yang dikukuhkan merupakan seniman dan pegiat seni. Mereka ​​​​terbagi menjadi beberapa komite, yaitu film, musik, sastra, seni rupa, tari dan teater.

"Saya percaya Saudara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh tanggung jawab," ujar Heru.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menilai DKJ merupakan bentuk perwujudan Jakarta sebagai kota berbudaya dengan membawa visi-misi untuk memajukan Taman Ismail Marzuki (TIM).
 
Visi-misi tersebut mengacu pada ekosistem berkesenian di tingkat tinggi dan meningkatkan peran seni budaya dari tingkat bawah.

"Peningkatan bakat menjadi peran semua anggota Dewan Kesenian Jakarta dan kami berharap banyak bisa melibatkan pihak-pihak lain untuk bersinergi," kata Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana.

Baca juga: DKJ kembali gelar Pekan Komponis Indonesia 2023
Baca juga: TIM dikunjungi 5.990 orang tiap bulan setelah gunakan desain baru
 
Para anggota yang baru saja dikukuhkan itu merupakan orang-orang terpilih untuk dapat mengangkat Jakarta yang mempunyai misi sebagai kota berbudaya.
 
Pemilihan dilakukan melalui proses musyawarah dengan membentuk panitia musyawarah yang dilaksanakan dan diinisiasi oleh DKJ sebelumnya. Anggota terpilih juga telah melalui proses seleksi dan wawancara oleh Akademi Jakarta.
 
"Akademi Jakarta menyampaikan ke Pj Gubernur nama-nama calon DKJ yang layak dan Pj melakukan pengukuhan hari ini. Jadi tidak ada intervensi sama sekali dalam pemilihannya," kata Iwan.
 
Pihaknya juga akan menggelar kegiatan yang bekerjasama dengan DKJ pada Hari Ulang Tahun Taman Ismail Marzuki 10 November 2023. "HUT diisi kegiatan sastra, film, seni rupa, musik, tari, semua bergabung menjadi satu dalam acara tersebut," ujar Iwan.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023