Uzbekistan menginginkan produk-produk dari Belitung seperti ikan segar, dan kami siap mengirim ikan ke sana.
Belitung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap mengekspor hasil laut daerah ini berupa ikan segar ke Uzbekistan untuk meningkatkan pendapatan nelayan dan memenuhi kebutuhan pasar di negara itu.

"Uzbekistan menginginkan produk-produk dari Belitung seperti ikan segar, dan kami siap mengirim ikan ke sana," kata Bupati Belitung Sahani Saleh usai bertemu Dubes Uzbekistan untuk Indonesia Muzzafar S Abduazimov, di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut, Belitung dan Uzbekistan bersepakat untuk menjalin kerja sama pertukaran produk pertanian, perikanan, dan UMKM melalui skema bisnis yang saling menguntungkan.

"Nanti Perjanjian Kerja Sama (PKS) akan kami tanda tangani di Uzbekistan. Kami akan berkunjung ke sana sekaligus menggelar pameran promosi dan investasi daerah," ujarnya.

Sahani menyatakan pula, selain produk ikan segar, Dubes Uzbekistan untuk Indonesia Muzzafar S Abduazimov juga tertarik melakukan pertukaran produk hasil pertanian dan perkebunan.

"Kami akan impor buah segar dan buah kering dari Uzbekistan untuk masuk ke Belitung termasuk ke hotel-hotel," katanya lagi.

Ia menambahkan Belitung juga akan mengekspor buah-buahan tropis asal daerah itu ke Uzbekistan seperti nanas, durian, rambutan, dan manggis.

"Kemudian produk ikan segar maupun buah tropis dari Belitung akan dipasarkan juga ke 15 negara sekitar Uzbekistan, jadi mereka sebagai "hub" juga," ujarnya.

Sahani menambahkan dengan adanya penerbangan langsung dari Uzbekistan ke Indonesia yang dilayani oleh Uzbekistan Airways akan semakin memantapkan kerja sama ini.

Dia menyebutkan penerbangan langsung dari Uzbekistan ke Indonesia hanya memerlukan waktu 7 jam 45 menit, sehingga produk ekspor Belitung masih dalam kondisi segar saat tiba di sana.

"Dubes Uzbekistan sudah meninjau ke cold storage Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjung Pandan, jadi mereka sudah yakin bahwa produk ikan segar kita berkualitas dan tidak akan busuk sampai di sana," katanya.

Muzzafar S Abduazimov tertarik untuk melakukan kerja sama pertukaran produk hasil laut dan pertanian Belitung dan negaranya.

"Produk perikanan seperti kakap merah, kakap putih, kerapu, kami memasukkan itu dalam produk yang akan kami kerjasamakan," ujarnya lagi.
Baca juga: Belitung tahan sementara ekspor ikan kerapu ke pasar dunia
Baca juga: 15 ton kerapu diekspor ke Hong Kong setelah ekonomi dibuka

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023