Ikatan Alumni Curug mengajak seluruh pihak untuk terus berkontribusi membangun masa depan penerbangan di Indonesia
Tangerang, Banten (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai peran Ikatan Alumni Curug (IAC) atau Sekolah Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) akan mampu pulih dalam menghadapi tantangan baru di sektor penerbangan di Indonesia.

"Ikatan Alumni Curug mengajak seluruh pihak untuk terus berkontribusi membangun masa depan penerbangan di Indonesia," katanya saat membuka Reuni Akbar dan Rapat Kerja Nasional ( Rakernas ) PPI di Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa peran yang sangat strategis dalam mengembangkan konektivitas transportasi di Indonesia tidak lepas dari peran seluruh alumni, di mana usai pulihnya perekonomian dampak pandemi COVID-19.

"Semoga aktivitas penerbangan pasca-pandemi COVID-19 kembali bergairah," kata Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, Ketua IAC, Elfi Amir mengatakan kegiatan ini merupakan reuni besar pertama di mana pesertanya merupakan alumni lintas generasi.

“Dari generasi tertua hingga termuda,” ujarnya.

Menurutnya, reuni akbar ini diikuti oleh beberapa himpunan alumni prodi lainnya, seperti Ikatan Alumni Prodi Penerbangan, Ikatan Alumni Prodi Teknik Pesawat.

Kemudian, Ikatan Alumni Program Studi Teknik Navigasi Udara dan Ikatan Alumni Program Studi Teknik Elektro Bandara.

Selain itu, kata dia, ada pula Ikatan Alumni Program Studi Lalu Lintas Udara, Ikatan Alumni Program Studi Teknik Mesin Kota, Ikatan Alumni Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan Pacu, Ikatan Alumni Program Studi Informasi Penerbangan, Ikatan Alumni dari Program Studi Bantuan Kecelakaan Pesawat Udara, dan yang terakhir Ikatan Alumni Program Studi Pengoperasian Kota Udara.

Dikatakannya, dari kegiatan yang dilakukan ini tujuannya untuk merangkul seluruh maskapai, pemangku kepentingan di bidang penerbangan agar mampu membuka lapangan kerja , serta menyerap tenaga kerja dari alumni PPI .

“Reuni kali ini juga diisi dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk bernostalgia. Salah satunya berkeliling fasilitas pendidikan dan barak,” ujarnya.

Kegiatan reuni itu, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja Nasional ( Rakermaa ). Agenda tersebut membahas dan mengevaluasi program kerja yang menjadi amanat Munas II, demikian Elfi Amir.

.

Baca juga: Menteri Hub dan Kepala BNPB meninjau persiapan kegiatan praktik di PPI Curug

Baca juga: Politeknik Penerbangan Curug sosialisasi pendidikan pamong praja Kementerian Perhubungan

Baca juga: Menhub menutup dua sekolah penerbangan

Baca juga: Laos mengakui kualitas sekolah penerbangan Indonesia

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023