Saya termasuk orang yang meyakini, kalau PSI itu akan lolos ke Senayan
Jakarta (ANTARA) - Pengamat Politik Adi Prayitno meyakini Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dapat lolos ke Senayan, setelah putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep bergabung di partai itu.

"Saya termasuk orang yang meyakini, kalau PSI itu akan lolos ke Senayan," katanya di Jakarta, Sabtu.

Dia menyatakan hasil Pemilihan legislatif di Tahun 2019, PSI mendapatkan 1,9 persen dari syarat 4 persen untuk ambang batas parlemen.

"Tinggal mencari dua persen, saya kira ada portofolio Kaesang, dan itu sangat mungkin," katanya menegaskan.

Menurut Direktur Parameter Politik Indonesia itu, Kaesang merupakan sosok anak muda yang sangat terkenal, jaringan politiknya bagus serta sumber daya politik yang tersedia. Selain itu, bergabungnya Kaesang turut menjadi pembahasan publik yang cukup ramai.

Ramainya pembahasan terkait Kaesang dikarenakan Bapaknya Jokowi dan kakak kandungnya Gibran Rakabuming, merupakan kader PDIP dan Wali Kota Surakarta.

Baca juga: Jokowi: Apa yang diputuskan Kaesang menjadi tanggung jawab dia

Baca juga: Ketua PDIP minta Kaesang tak tergesa-gesa gabung PSI


Adi tidak menampik jika gabungnya Kaesang di PSI membuat kecemburuan di partai politik lain. Terutama PDIP, yang menegaskan dalam satu keluarga tidak boleh beda pilihan politik.

"Yang paling menarik adalah Kaesang ke PSI, seolah-olah merupakan sikap politik Jokowi. Tetapi itu tidak bisa dibantah, karena pastinya Kaesang berkonsultasi dengan Jokowi sebagai orang tuanya," jelasnya.

Sebelumnya, Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep resmi menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang menerima kartu tanda anggota (KTA) PSI dengan nomor anggota S317420230151515.

Penyerahan KTA digelar di kediaman Kaesang di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan hubungan persahabatan antara PSI dan Kaesang sudah terjalin cukup lama.

"Kami mengapresiasi Mas Kaesang mau turun ikut berjuang bersama teman-teman PSI. Hari ini sebuah kegembiraan bagi kami semua, bisa menyambut anggota baru kami, Mas Kaesang," kata Grace.

Pewarta: Fauzi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023