Hangzhou (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Sabtu (23/9) bertemu Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo di Ibu Kota Provinsi Zhejiang, Hangzhou, China timur.

Sejak terjalinnya hubungan diplomatik antara kedua negara pada 1992, persahabatan dan kerja sama selalu menjadi gagasan utama dari hubungan China-Korsel, kata Xi.

Menurut dia, harapan bahwa Korsel akan bekerja dengan China ke arah yang sama, merumuskan berbagai kebijakan dan mengambil tindakan menunjukkan pentingnya hubungan China-Korsel, menjunjung tinggi rasa saling menghormati, serta tetap berpegang pada arah persahabatan dan kerja sama.

Modernisasi China, dengan populasi lebih dari 1,4 miliar jiwa, akan semakin membuka peluang pasar yang besar, kata Xi.

Dengan memperhatikan bahwa China dan Korsel adalah tetangga dekat yang tak tergoyahkan sekaligus mitra kerja sama yang tidak dapat dipisahkan.

Xi menambahkan kemajuan hubungan bilateral yang stabil dan solid melayani kepentingan bersama bagi kedua negara dan rakyat mereka, serta menjadi pertanda baik bagi perdamaian dan pembangunan regional.

China dan Korsel memiliki hubungan ekonomi yang erat serta rantai industri dan pasokan yang sangat terintegrasi, kata Xi.

Dia mengatakan kedua negara dapat memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan, memperkuat komunikasi dan koordinasi mereka, serta mendorong perkembangan tatanan internasional ke arah yang lebih adil dan rasional.

Sementara itu, sebagai tetangga dekat China, Korsel dengan tulus mengharapkan agar Asian Games Hangzhou sukses sepenuhnya, ungkap Han.

Dia mencatat bahwa dalam menghadapi berbagai tantangan di komunitas internasional saat ini, mempertahankan pertukaran tingkat tinggi di antara Korsel dan China bersifat kondusif untuk memajukan pengembangan hubungan bilateral dan berkolaborasi untuk mengatasi berbagai tantangan ini.

Han mengatakan Korsel bersedia bekerja sama dengan China untuk membina hubungan bilateral yang sehat dan matang, seraya mengungkapkan harapan agar kedua belah pihak memperkuat kerja sama dan pertukaran untuk bersama-sama berkontribusi terhadap pemulihan dan pertumbuhan ekonomi global.

Para pemimpin senior China termasuk Cai Qi, Ding Xuexiang, Wang Yi, dan Shen Yiqin turut menghadiri pertemuan tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023