Jakarta (ANTARA) - Chelsea kembali menelan pil pahit setelah dikalahkan Aston Villa dengan skor tipis 0-1 pada pekan keenam Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu.

Ini merupakan kekalahan ketiga Chelsea pada liga musim ini setelah sebelumnya takluk dari Nottingham Forest 0-1 dan 1-3 dari West Ham, demikian catatan Liga Inggris.

Kekalahan Chelsea pada pertandingan ini hadir akibat gol semata wayang Aston Villa yang dicetak oleh penyerang Ollie Watkins pada babak kedua.

Hasil ini membuat Chelsea merosot ke posisi 14 klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan lima poin dari enam pertandingan, sedangkan Aston Villa naik ke peringkat enam dengan torehan 12 poin.

Secara statistik Chelsea unggul dalam penguasaan bola dengan mencatatkan 54 persen, namun Aston Villa lebih rajin melakukan ancaman dengan total melepaskan 15 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran.

Chelsea memulai pertandingan dengan mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu setelah pada dua pertandingan sebelumnya gagal mencetak gol.

Baca juga: Liverpool ukir lima kemenangan beruntun setelah kalahkan West Ham 3-1

Gelandang Moises Caicedo menciptakan peluang untuk The Blues melalui tendangan jarak jauhnya, namun kesempatan tersebut dapat diamakan kiper Aston Villa Emi Martinez.

Selanjutnya giliran lini depan Chelsea yang menggempur pertahanan Aston Villa, namun kombinasi yang digalang oleh Mykhailo Mudryk, Raheem Sterling dan Nicolas Jackson tak ada yang membuahkan hasil.

Meski terus ditekan, Aston Villa sempat mendapatkan peluang melalui tendangan voli yang dilepaskan oleh Lucas Digne, namun bola dapat dimentahkan oleh kiper Chelsea Roberto Sanchez.

Selanjutnya jual beli serangan dilakukan oleh kedua tim, namun hingga turun minum, upaya yang dilakukan Chelsea dan Aston Villa tak ada yang membuahkan hasil sehingga skor 0-0 tetap bertahan.

Baca juga: Derbi London Utara pertama musim ini berkesudahan dengan skor 2-2

Memasuki babak kedua, Chelsea kembali mengambil inisiatif menyerang dan memiliki peluang melalui tendangan yang dilepaskan oleh Sterling, namun dapat dihalau Martinez.

Petaka bagi Chelsea hadir pada menit 58 setelah harus bermain dengan 10 orang pada sisa laga karena bek sayap Malu Gusto diganjar kartu merah langsung wasit setelah melakukan pelanggaran keras kepada Digne.

Meski bermain dengan 10 orang, Chelsea tidak mengendurkan serangannya, namun perlahan Aston Villa akan memanfaatkan keunggulan jumlah pemain ini.

Skuad asuhan Unai Emery akhirnya mencuri keunggulan terlebih dulu dari Chelsea pada menit ke-73 setelah Ollie Watkins membobol gawang Chelsea setelah memanfaatkan bola muntah yang diblok Levi Colwill sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Selanjutnya tempo dari kedua tim tidak menurun dan Chelsea sempat memiliki peluang emas ketika Ben Chilwell berhadapan satu lawan satu melawan Martinez, namun bek sayap Inggris tersebut gagal menciptakan gol.

Setelah berbagai upaya dilakukan, skema serangan Chelsea perlahan buyar dan hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-0 untuk kemenangan Aston Villa tetap bertahan.

Selanjutnya Chelsea pada pekan ketujuh Liga Inggris akan melakoni Derbi London Barat kontra Fulham, Senin (2/10), sedangkan Aston Villa akan menjamu Brighton, dua hari sebelumnya.

Baca juga: Manchester United akhiri rentetan kekalahan seusai tekuk Burnley 1-0
Baca juga: Man City kokoh di puncak klasemen seusai tekuk Nottingham Forest 2-0

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023