Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum kemarin, Minggu (24/9), menjadi sorotan, di antaranya Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mengusut tuntas kasus walpri kapolda Kaltara hingga mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang dites urine.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita hukum kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:


1. Kapolri pastikan kasus walpri kapolda Kaltara diusut transparan

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memastikan pengusutan peristiwa tewasnya Brigpol HS, pengawal pribadi Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Pol. Daniel Aditya Jaya, dilakukan secara transparan dan mengedepankan investigasi kejahatan ilmiah (scientific crime investigation).

"Yang jelas, sudah saya perintahkan kepada Pak Kapolda, terkait peristiwa yang terjadi, agar betul-betul diusut secara cermat secara tuntas. Manfaatkan scientific crime investigation yang kita miliki, sehingga kemudian hasil-hasilnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah," kata Sigit usai kegiatan donor darah HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.


2. Bareskrim benarkan periksa Yuki Kato terkait promosi judi online

Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Adi Vivid Agustiadi Bachtiar membenarkan pihaknya telah melakukan pemeriksaan berupa permintaan klarifikasi terhadap artis Yuki Kato.

"Kami informasikan bahwa benar hari Sabtu, 23 September 2023, telah dilakukan pemeriksaan atau klarifikasi kepada saudara Yuki Kato," kata Vivid di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.


3. Propam Polri asistensi kasus tewasnya Walpri Kapolda Kaltara

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) DivHumas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Minggu, mengatakan Mabes Polri menurunkan tim dari Divisi Profesi dan Pengamanan (DivPropam) ke Polda Kaltara.

Tim Propam Mabes Polri ini turun langsung untuk memberikan asistensi kepada Propam Kaltara terkait pengusutan kasus tewasnya Brigpol HS, pengawal pribadi Kapolda Kaltara yang diduga karena kelalaian hingga tertembak di bagian dada kiri.

"Tim dari DivPropam Mabes Polri turun dalam rangka asistensi Bid Propam Polda Kaltara dalam rangka melakukan pengawasan dan memastikan proses penanganan kasus tersebut berjalan sesuai SOP dan aturan yang berlaku," katanya.

Selengkapnya klik di sini.


4. Truk tabrak pohon di Pelabuhan Bakauheni akibatkan satu orang tewas

Sebuah truk diduga rem blong menabrak pohon di area kawasan Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan pada Sabtu malam yang mengakibatkan satu orang kernet meninggal dunia.

Berdasarkan vidio yang beredar luas di sosial media, terlihat sebuah truk melaju dengan kencang masuk ke area pelabuhan dan menabrak pohon.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Polres Lampung Selatan, AKP Ridho Rafika, saat dihubungi dari Pesisir Barat, Minggu, membenarkan bahwa telah terjadi peristiwa kecelakaan yang mengakibatkan sebuah truk menabrak pohon di kawasan Pelabuhan Bakauheni.

Selengkapnya klik di sini.


5. 10.928 mahasiswa baru Unnes jalani tes urine

Setidaknya 10.928 mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjalani tes urine guna memastikan mereka bebas dari narkotika dan obat-obatan berbahaya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unnes Prof. Zaenuri di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, mengatakan bahwa tes urine tersebut terhadap seluruh mahasiswa baru angkatan 2023.

"Ini sangat penting untuk memastikan mereka bersih dari narkoba dan memiliki karakter yang baik," katanya.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023