Hangzhou (ANTARA) - Tim dayung Indonesia melewatkan peluang merebut medali nomor men's four menyusul ketangguhan tim Uzbekistan yang mengalahkan China dan India pada Asian Games Hangzhou, Senin, sehingga membuat tim Merah Putih finis peringkat lima.

Indonesia lolos ke final A nomor men's four, meskipun mereka paham perjuangan Ferdiansyah, Asuhan Pattiha, Denri Maulidzar Alghiffari, dan Ardi Isadi akan berat melawan tim juara-juara Asia itu di Fuyang Water Sports Center.

Dan benar saja, kuartet China melesat sejak start dan meninggalkan lawan-lawannya, sedangkan Indonesia yang start dari lane 2 tertinggal di posisi kelima saat melewati titik 500m.

Tim Uzbekistan membuat kejutan dengan mengambil alih pimpinan lomba dan menyusul China demi menjadi yang terdepan pada titik 1000m, sementara posisi Indonesia stagnan di peringkat kelima.

Baca juga: Tiga perunggu dayung untuk Indonesia saat China digdaya

Uzbekistan membuka jarak hingga 4,44 detik dari China pada titik 1500m, hingga mengunci kemenangan dengan melintasi garis finis 5,08 detik di depan tim tuan rumah.

India membawa pulang perunggu di peringkat ketiga, sementara Indonesia tertinggal 12,59 detik di peringkat lima di bawah Jepang.

Di cabang dayung, Indonesia telah membawa pulang tiga medali perunggu pada Minggu dan berharap menambah perolehan medali dari tiga nomor final yang mereka ikuti hari ini yaitu nomor men's quadruple, women's quadruple sculls, dan men's four

"Kalau melihat situasinya Senin akan masih sama. China masih menjadi kandidat lawan terberat kami," kata pelatih dayung Indonesia Muhammad Hadris yang mendapati Negeri Tirai Bambu itu menurunkan seluruh tim dayung utama mereka di Hangzhou.

"Tapi, kami optimistis meraih medali, khususnya di men's quad karena waktu Asian Games di Jakarta itu kami mendapat perak," kata Hadris.

Baca juga: Determinasi jadi kunci Chelsea/Mutiara rebut perunggu dayung

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023