Beijing (ANTARA) - Otoritas pengendalian banjir di China pada Minggu (24/9) mendesak dilakukannya upaya untuk mencegah banjir musim gugur dan berbagai bencana geologi yang dipicu oleh banjir di beberapa daerah utama di negara tersebut.

Baru-baru ini, curah hujan di China barat telah jauh melampaui level normal pada periode yang sama, dan hujan lebat juga diperkirakan akan turun di beberapa wilayah di Chongqing, Sichuan, Shaanxi, Hubei, dan Henan, menurut sebuah pertemuan yang digelar oleh Kantor Pusat Pengendalian Banjir dan Penanggulangan Kekeringan Negara China, Kementerian Manajemen Darurat China, dan beberapa departemen pemerintah lainnya.

Menyebutkan berbagai risiko besar dari aliran air dari gunung (mountain torrent) dan banjir di sungai-sungai serta waduk berukuran sedang dan kecil, otoritas tersebut mendesak sejumlah departemen setempat untuk tetap waspada dan terus bekerja dengan baik dalam pencegahan dan pengendalian banjir.

Perlu ada upaya yang dilakukan untuk memperkuat respons darurat dan inspeksi risiko, sembari juga mengirim tim penyelamat dan pasokan darurat ke tanggul-tanggul penting dan beberapa lokasi krusial sebelum bencana melanda.

Sejumlah departemen setempat juga harus meningkatkan upaya pencegahan banjir selama Asian Games ke-19, Festival Pertengahan Musim Gugur, dan liburan Hari Nasional, ujar otoritas tersebut.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023