Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan isu tentang pangan menjadi fokus pembahasan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di Jakarta, 29 September - 1 Oktober 2023.

"Rakernas mengusung tema, kedaulatan pangan untuk kesejahteraan rakyat. Subtemanya pangan lambang supremasi kepeminpinan Indonesia bagi dunia," katanya di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan salah satu rangkaian Rakernas adalah diskusi dengan menghadirkan berbagai kalangan, yang fokus di bidang pangan. Diskusi itu digelar di Kantor DPP PDIP, mengusung tema, pengembangan pangan dari laut untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan.

Hadir sebagai pembicara, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Dr Budi Sulistyo, Kadiv Bioteknologi Kelautan, Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Kustiyariyah Tarman dan Presiden Direktur Perikanan Indonesia Sigit Muhartono.

Hasto juga menceritakan kunjungannya ke Institut Pertanian Bogor (IPB) beberapa waktu lalu. Di sana, Hasto menemui para peneliti IPB. Dia juga menemukan berbagai permasalahan yang ditemui oleh para peneliti.

Kata dia, PDIP saat ini menjadi partai yang sangat perhatian terhadap isu pangan. Sehingga, PDIP menjadi partai yang punya narasi tentang masa depan dan tidak mengurus tentang pencapresan semata.

"Kami membangun Indonesia Raya melalui penguatan partai politik yang bersekutu dengan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi. Itu, lah, narasi yang kami tawarkan," katanya menegaskan.

Dia menyatakan diskusi itu membuka cara pandang terhadap masa depan, dan bagian dari komitmen dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang pangan.

Baca juga: Hasto sebut pangan penentu hidup dan mati negeri
Baca juga: PDIP akan gelar Pekan Teknologi Terapan demi angkat produk hasil riset

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023