MoU Antara National Innovation Center Vietnam dan Synopsys Mendukung Pengembangan Pusat Inkubasi Desain Chip Baru 

Sunnyvale, Calif., (ANTARA/PRNewswire)- Synopsys, Inc. (Nasdaq: SNPS) hari ini mengumumkan kolaborasinya dengan National Innovation Center (NIC) Vietnam di bawah Kementerian Perencanaan and Investasi untuk memajukan talenta desain IC di Vietnam, bersama Synopsys yang mendukung pendirian pusat inkubasi desain chip.

NIC sedang membangun infrastruktur untuk pusat inkubasi desain IC di Hoa Lac High-Tech Park, Hanoi, Vietnam, dengan teknologi canggih Synopsys dalam pembuatan prototipe dan emulasi untuk mengoptimalkan desain bersama perangkat lunak dan perangkat keras SoC. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengembangkan tenaga kerja desain IC tingkat lanjut dan memfasilitasi komunitas desain start-up di Vietnam. Kolaborasi ini mendukung strategi pemerintah Vietnam untuk mengembangkan tenaga kerja desain IC dan komunitas start-up terkait.

Synopsys akan memberikan lisensi pelatihan yang mencakup kurikulum, sumber daya pendidikan, dan program "Melatih para Pelatih" kepada NIC untuk membantu mendirikan pusat inkubasi desain chip. NIC akan berinvestasi dalam pembuatan prototipe TI dan infrastruktur emulasi untuk mendirikan pusat inkubasi, yang diharapkan akan dibuka dalam waktu dekat.

"Synopsys adalah pemimpin dalam perangkat lunak desain semikonduktor, IP, dan inovasi keamanan perangkat lunak," kata Mr. Vo Xuan Hoai, Wakil Direktur NIC. "Teknologi desain kelas dunia dari perusahaan ini akan bermanfaat bagi pusat inkubasi desain IC NIC di Vietnam dan memungkinkan para desainer chip masa depan kami untuk dilatih terkait tren industri terbaru. Industri semikonduktor Vietnam secara keseluruhan juga akan mendapatkan keuntungan dari kolaborasi ini."

"NIC adalah pusat inovasi industri teknologi tinggi di Vietnam, dan kami dengan senang hati mendukung pendirian pusat inkubasi desain chip NIC dengan teknologi canggih Synopsys," ujar Dr. Robert Li, Sales Vice President Synopsys Taiwan dan Asia Selatan. "Selama beberapa tahun terakhir, Synopsys telah memperkenalkan banyak teknologi inovatif kepada mitra kami di Vietnam untuk membantu mereka memperkuat kemampuan desain IC dan mempersingkat waktu untuk memasarkannya. Kami berharap kolaborasi dengan NIC tidak hanya akan menghasilkan teknologi baru bagi mitra kami di Vietnam, tetapi juga menumbuhkan bakat-bakat muda dan membantu mendorong perkembangan industri semikonduktor Vietnam."

NIC didirikan oleh Perdana Menteri Vietnam dalam Keputusan No. 1269/QD-TTg tanggal 2 Oktober 2019, dengan misi mendukung dan mengembangkan ekosistem inovasi Vietnam di berbagai sektor teknologi tinggi, termasuk industri semikonduktor, untuk membantu memberikan kontribusi bagi model pertumbuhan di negara ini yang didasarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

Synopsys berkomitmen untuk membantu industri semikonduktor Vietnam dalam mengembangkan tenaga kerja desain IC melalui kerja sama yang berkelanjutan dengan pemerintah Vietnam. Li menambahkan, "Keberhasilan pengembangan industri semikonduktor membutuhkan kerja sama tim dan kolaborasi antara pemerintah, universitas teknologi, lembaga penelitian, dan pengusaha. Synopsys akan bekerja sama dengan NIC untuk membantu memperkuat pengembangan industri semikonduktor dan memajukan kepemimpinannya di kawasan ini."

Upacara penandatanganan disaksikan oleh Yang Mulia Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Vietnam; Yang Mulia Nguyen Chi Dung, Menteri Kementerian Perencanaan dan Investasi; serta para pemimpin Vietnam lainnya dalam delegasi Vietnam selama kunjungan ke kantor pusat Synopsys di Sunnyvale, Kalifornia. Dr. Dalam acara tersebut, Robert Li, Sales Vice President Synopsys Taiwan dan Asia Selatan, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) pada 18 September 2023, dengan Mr. Vo Xuan Hoai, Wakil Direktur NIC. Joachim Kunkel, General Manager Synopsys Solutions Group, Staf Korporat, dan para eksekutif Synopsys lainnya juga turut serta dalam acara tersebut.

"Vietnam memiliki kapasitas yang cukup untuk mengembangkan industri semikonduktor, sistem politik yang dianggap stabil, dan lokasi geografis yang menguntungkan," kata Menteri Kementerian Perencanaan dan Investasi, Nguyen Chi Dung. "Pemerintah Vietnam, khususnya Perdana Menteri Pham Minh Chinh, sangat tertarik untuk mempromosikan kerja sama investasi dan mengembangkan industri semikonduktor di Vietnam; dan telah menugaskan Kementerian Perencanaan dan Investasi, Kementerian Penerangan dan Komunikasi, dan kementerian lainnya guna membuat program aksi untuk mengembangkan industri ini di Vietnam. Ini termasuk proyek pengembangan tenaga kerja dengan tujuan untuk membentuk tim berisi 50.000 insinyur bagi industri ini hingga 2030. Kerja sama antara NIC dan Synopsys akan berkontribusi pada pengembangan tenaga kerja dan bisnis di bidang desain dan pengembangan produk semikonduktor di Vietnam, serta memperkuat hubungan antara Vietnam dan Amerika Serikat untuk meningkatkan kapasitas ekosistem inovasi dan industri semikonduktor."

National Innovation Center (NIC) Vietnam adalah lembaga di bawah Kementerian Perencanaan dan Investasi dengan fungsi mengembangkan inovasi dan ekosistem start-up; berkontribusi pada inovasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta model bisnis baru; juga mendukung dan meningkatkan kapasitas inovasi dan transformasi digital perusahaan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan daya saing ekonomi.

Tentang Synopsys 
Synopsys Inc: (Nasdaq: SNPS) adalah mitra Silicon to Software™ untuk perusahaan-perusahaan inovatif yang mengembangkan produk elektronik dan aplikasi perangkat lunak yang kita andalkan setiap hari. Sebagai perusahaan S&P 500, Synopsys memiliki sejarah panjang sebagai pemimpin global dalam otomatisasi desain elektronik (EDA) dan IP semikonduktor, serta menawarkan portofolio alat dan layanan pengujian keamanan aplikasi terluas di industri ini. Baik desainer system-on-chip (SoC) yang menciptakan semikonduktor canggih, ataupun developer perangkat lunak yang merancang kode aman dan berkualitas tinggi, Synopsys memiliki solusi yang dibutuhkan untuk menghadirkan produk inovatif. Pelajari selengkapnya di www.synopsys.com.

Kontak Redaksi: 
Cara Walker  
Synopsys, Inc.  
(650) 584-5000 
cara@synopsys.com
corp-pr@synopsys.com


Related stocks: NASDAQ:SNPS

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023