"Generasi muda dengan segala tantangannya penting memahami itu dan menerapkan dalam kehidupannya sebagai generasi penerus bangsa,"
Makassar (ANTARA) - Kodam XIV/Hasanuddin Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Persada Alam, mewakili Pangdam XIV/HSN Mayjen TNI Totok Imam Santoso melakukan sosialisasi pentingnya pendidikan dan cinta tanah air bagi generasi muda yang berkualitas dan militan.

"Generasi muda dengan segala tantangannya penting memahami itu dan menerapkan dalam kehidupannya sebagai generasi penerus bangsa," kata Persada di Makassar, Senin, dalam menanggapi pentingnya memberikan pemahaman pada mahasiswa baru sebagai generasi penerus bangsa.

Pada kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Universitas Terbuka (UT) Makassar tahun akademik 2023, Aster Kasdam XIV/HSN mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk menambah wawasan dan memberikan pemahaman guna menumbuhkan kesadaran Maba akan tanggungjawab akademik dan sosial.

Pada kesempatan tersebut, Persada membahas terkait langkah-langkah yang harus dilakukan, hingga tuntutan mengenai pentingnya kualitas pendidikan dan cinta tanah air.

Dia juga berharap, para generasi muda miliki semangat kompetitif dalam belajar, senantiasa update pengetahuan serta mampu menjaga nilai-nilai luhur bangsa yang telah diwariskan oleh para "founding fathers" atau pendiri Republik Indonesia.

Dia mengatakan, mahasiswa adalah generasi muda penerus masa depan bangsa yang mempunyai sikap tanggung jawab (sense of responsibility), rasa memiliki (sense of belonging) untuk memajukan bangsanya.

"Termasuk membangun bangsanya guna terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas dan militan,” tandasnya.

Sosialisasi tersebut mendapat respon positif dari para mahasiswa baru UT yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan bahkan dari luar Sulawesi.

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023