Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Yayasan Batik Indonesia (YBI) Diana Santosa mengatakan dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional 2023, YBI berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat khususnya generasi muda tentang keragaman budaya batik melalui kegiatan dengan selera anak muda. 

"Tentu saja pada perayaan Hari Batik Nasional tahun ini kami bakal memberikan berbagai upaya untuk membuat batik menjadi bagian dari identitas para Gen Z, salah satu hal yang kami lakukan adalah dengan mengembangkan motif-motif batik yang disukai generasi muda, atau mengemas semua event-event batik dengan selera muda dan segala usia," ucap Diana Santosa dalam konferensi pers Hari Batik Nasional 2023 di Jakarta, Senin. 

Ia juga mengatakan dalam memperingati Hari Batik Nasional tahun ini, YBI juga bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) khususnya melalui Museum Batik Indonesia dan Kementerian Perindustrian untuk menggelar perhelatan Hari Batik Nasional 2023 secara bersama.  

Baca juga: Peragaan busana batik WNI disorot media Taiwan

Akan ada banyak kegiatan dan lomba, seperti pemecahan rekor Muri membatik bersama Sentra Batik di Indonesia, lomba karya tulis batik yang mengarah pada keikutsertaan pelajar dan mahasiswa, serta edukasi batik untuk pelajar agar dapat merasakan kekayaan ragam batik dari seluruh penjuru Indonesia.

Selain itu juga akan ada peragaan busana batik koleksi Yayasan Batik Nasional, di mana YBI telah menyumbang sebanyak 730 koleksi untuk meramaikan pameran di Museum Batik.

Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober tahun ini memiliki tema "Batik Bangkit". Ketua Pelaksana Perayaan Hari Batik Nasional Shanty Leksono berharap melalui tema ini, perayaan Hari Batik Nasional 2023 dapat kembali membangkitkan industri batik dari masa pandemi yang sempat terpuruk, sehingga industri batik dapat kembali bangkit dari semua aspek baik produksi, perdagangan, perkembangan, serta inovasinya.

"Tahun ini Yayasan Batik Indonesia (YBI) memperingati Hari Batik Nasional 2023 dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai keragaman batik yang ada di lndonesia dari Sabang sampai Merauke. Selain itu Hari Batik Nasional tahun ini juga memiliki misi untuk kembali membangkitkan industri batik pasca masa pandemi," ujar Shanty.

Baca juga: Perkumpulan WNI di Jenewa promosi kebaya di Hari Batik Nasional

Hadirnya acara ini diharapkan dapat menjadi tempat untuk menggaungkan dan mempromosikan kekayaan budaya batik Indonesia yang tersebar dari ujung pulau Sumatera sampai Papua.

Selain itu acara ini juga akan menjadi momen istimewa untuk para perajin batik dari berbagai daerah di Indonesia untuk dapat berkontribusi dengan sebuah karya batik yang mewakili identitas masing-masing daerah sebagai perwujudan nyata pelestarian Batik di Indonesia.

"Semoga dengan perayaan Hari Batik Nasional ini kita dapat meneguhkan kembali komitmen terhadap batik Indonesia, komitmen kita untuk membentuk generasi muda Indonesia yang sigap melestarikan batik dan memberikan sumbangsih Indonesia kepada kebudayaan dunia,” harap Diana. 

Baca juga: Tips rawat kain batik agar warna dan motifnya tetap cantik

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023