Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin bertemu Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia Fabien Penone membahas potensi kerja sama antara kedua pihak, di Medan, Sumatera Utara, Senin.

Pj Gubernur Hassanudin mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan menawarkan sejumlah kerja sama, salah satunya di sektor pariwisata.

“Saya rekomendasikan Danau Toba untuk anda kunjungi, rugi kalau anda tidak berkunjung ke Danau Toba,” kata Hassanudin.

Selain Danau Toba, kata dia, Sumut juga memiliki berbagai destinasi wisata yang juga tak kalah indah. Mulai dari Kepulauan Nias, Berastagi, Bukit Lawang, dan lainnya.

“Saya harap, sepulang anda dari Danau Toba atau Sumut, Anda bisa ceritakan bagaimana indahnya tempat itu pada teman atau warga Prancis yang lain,” kata Hassanudin.

Selain itu, Hassanudin juga menjelaskan
Sumut memiliki beberapa kawasan industri yang sangat berpotensi dikerjasamakan, antara lain peternakan dan perkebunan.

"Kami Pemprov Sumut menyambut baik dan mendukung penuh apa yang dibutuhkan oleh Prancis, semoga ini bisa berkelanjutan," sebutnya.

Sementara itu, dubes Prancis Fabien Penone mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk melihat potensi apa saja yang bisa dikerjasamakan antar kedua pihak.

“Saya akan melihat apakah di Danau Toba juga bisa,” kata Fabien.

Ia mengatakan pihaknya juga sudah menjajaki kerja sama di salah satu destinasi wisata super prioritas Likupang, Sulawesi Utara. Presiden Jokowi sudah meminta Presiden Prancis Emanuel Macron untuk bekerja sama di Likupang.

Baca juga: Sumut tawarkan investasi pembangkit listrik ke Prancis

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023