Tangerang (ANTARA) - Festival Maulid Kota Tangerang 2023 yang dilaksanakan selama 27 September hingga 1 Oktober 2023 di sekitar Masjid Raya Al A-zhom dan Taman Elektrik Kota Tangerang, Provinsi Banten menghadirkan Ka'bah Metaverse.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Kaonang di Tangerang, Senin, mengatakan Ka'bah Metaverse berlokasi di Gedung MUI Kota Tangerang.

Tujuan pembuatan Ka'bah Metaverse, kata dia, agar masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan berangkat ke Tanah Suci dapat melihat Ka'.bah seakan-akan berada di Mekkah secara langsung melalui virtual reality (VR) atau realitas virtual.

"Sehingga dapat memotivasi untuk semakin giat dan semangat agar dapat segera menunaikan ibadah haji ataupun umrah," kata dia dalam keterangan.

Baca juga: Pemkot Mojokerto gelar kenduri 5.000 layah Maulid Nabi Muhammad

Selain itu, panitia menyediakan manasik haji untuk menunggu warga yang ingin menggunakan VR melihat Ka'bah Metaverse.

"Kami hadirkan sebagai terobosan atau inovasi dan pengalaman baru bagi masyarakat Kota Tangerang. Nanti, masyarakat akan menggunakan VR untuk melihat Ka'bah Metaverse. Jadi, akan melihat suasana di sana bagaimana dan seakan-akan berada di sana," ujarnya.

Bagi masyarakat yang ingin mencoba pengalaman melihat Ka'.bah melalui VR, silakan melakukan pendaftaran di nomor WhatsApp 085171583553 dan disarankan untuk mendaftar secara berkelompok karena akan mendapatkan kesempatan untuk umrah secara gratis.

"Ayo kita turut ramaikan seluruh acara yang ada di Festival Maulid Kota Tangerang 2023, khususnya Ka'Bah Metaverse ini karena gratis. Mudah-mudahan, dengan pengalaman yang kami berikan dapat bermanfaat dan memotivasi masyarakat Muslim Kota Tangerang agar dapat segera datang ke Tanah Suci," ujarnya.

Baca juga: Keraton Kanoman Cirebon sucikan gong untuk peringatan Maulid Nabi
Baca juga: Wakil Presiden sampaikan pesan perihal ketaatan kepada warga Muslim
Baca juga: Gubernur Kalbar ajak masyarakat amalkan zikir dan shalawat

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023