Bantuan pendidikan yang diberikan Pemkab Banjar bersama Baznas sebesar Rp600 juta kepada 12 orang yang melanjutkan pendidikan ke Hadramaut, Yaman dan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir
Banjar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjar menyalurkan beasiswa bagi warga belajar ke Timur Tengah.

Bupati Banjar Saidi Mansyur menyerahkan beasiswa pendidikan ke Timur Tengah dengan tujuan Hadramaut, Yaman dan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir di Mahligai Sultan Adam Martapura, Senin.

"Bantuan pendidikan yang diberikan Pemkab Banjar bersama Baznas sebesar Rp600 juta kepada 12 orang yang melanjutkan pendidikan ke Hadramaut, Yaman dan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir," ujar Saidi.

Baca juga: Lima mahasiswa Poliban raih beasiswa ke Asia dan Eropa

Bupati Saidi berharap bantuan yang diberikan membawa manfaat bagi penerima dan digunakan dengan baik sehingga sekembalinya dari luar negeri dapat mengisi pembangunan di Kabupaten Banjar.

Ketua Baznas Kabupaten Banjar Nuryadi menjelaskan, pihaknya telah menyeleksi sejumlah lulusan SMA/madrasah aliyah di Kabupaten Banjar untuk mendapat beasiswa dari pemkab keluar negeri yang diterima pada beberapa lembaga pendidikan Timur Tengah.

"Lembaga pendidikan di Timur Tengah, antara lain Darul Musthofa Tarim Hadramaut Yaman dan Universitas Al-Azhar Kairo Mesir sebanyak 12 orang terdiri dari delapan orang baru berangkat dan empat orang sudah di luar negeri," ucap Nuryadi.

Baca juga: Siswa SD Cilandak konversi limbah minyak jelantah menjadi beasiswa

Nuryadi mengungkapkan delapan orang penerima beasiswa berangkat bulan Oktober 2023 dan masing-masing mendapatkan beasiswa sebesar 60 juta rupiah dari Pemkab Banjar dan Baznas Kabupaten Banjar.

Sedangkan empat orang lainnya masih dalam proses belajar mendapatkan beasiswa bervariasi sesuai dengan lamanya pendidikan yakni telah belajar satu tahun dan tiga tahun sebesar 45 juta dan 25 juta rupiah.

"Kami berharap, penerima bantuan serius belajar dan memanfaatkan beasiswa dengan baik. Setelah lulus, berkomitmen kembali ke daerah untuk memberikan kontribusi ilmu pengetahuannya," kata Nuryadi.

Baca juga: Rektor ULM: Program beasiswa IBFL yang terbaik

Pewarta: Imam Hanafi/yoserizal
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023