Kerja sama dengan UIKA cukup strategis untuk mengimplementasikan kolaborasi pentaheliks dalam membangun bangsa, generasi emas, cerdas menyajikan informasi dan menanggapi informasi
Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Jawa Barat, dan Perum LKBN ANTARA Biro Utama Penyangga Jakarta menggagas kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk yang adaptif terhadap kebutuhan industri di bidang informasi dan media massa sebagai bagian dari pentaheliks.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan UIKA Bogor Budi Susetyo dalam pertemuan bersama Panitia Penyelenggaraan Lomba Presenter HUT Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA di Kampus UIKA, Bogor, Jawa Barat, Senin, mengatakan Tri Dharma perguruan tinggi perlu dikembangkan bersama mitra di luar kampus agar lebih mengena pada kebutuhan industri.

"Kerja sama dengan ANTARA ini sangat menarik. Kami ada Tri Dharma perguruan tinggi, pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, kegiatan lomba ini bagian dari pengabdian masyarakat. ANTARA bagian dari pentaheliks, MoU tentang yang lain akan dilaksanakan menyusul," ujarnya.

Budi Susetyo menyampaikan peran media massa dibutuhkan untuk menyebarkan informasi yang luas kepada masyarakat, sekaligus menjadi bagian sosialisasi informasi dari akademisi di kampus.

Di sisi lain, menurut dia, perusahaan media massa juga bisa menjadi mitra dalam mencetak mahasiswa-mahasiswa yang menguasai keahlian yang sesuai industri melalui pelatihan, penelitian, dan kegiatan-kegiatan kompetisi.

Perum LKBN ANTARA merupakan badan usaha milik negara (BUMN) yang memiliki tugas dari pemerintah untuk melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi yang cepat, akurat, dan penting, ke seluruh wilayah Indonesia dan dunia internasional.

Kepala LKBN ANTARA Biro Utama Penyangga Jakarta Budi Setiawanto menyampaikan bahwa kerja sama dengan UIKA yang diawali kegiatan penyelenggaraan lomba presenter tingkat pelajar, mahasiswa dan umum rentang usia 17-27 tahun di wilayah megapolitan dan sekitarnya yakni Jabodebek, Karawang, Purwakarta, Sukabumi merupakan bagian dari kolaborasi sebagai pentaheliks.

Pemerintah, media massa, pelaku usaha, perguruan tinggi, dan masyarakat merupakan rantai kolaborasi yang penting dalam menyangga pembangunan manusia ke depan.

"Kemajuan berbagai industri, termasuk media massa dan perkembangan keilmuan di dalamnya perlu berkembang di dalam kampus untuk menghasilkan generasi emas menuju 2045," ujarnya.

LKBN ANTARA Biro Utama Penyangga Jakarta akan menyelenggarakan kegiatan lomba yang mengasah kemampuan dasar presenter, reportase hingga penyajian video berita yang memenuhi standar jurnalistik.

"Kerja sama dengan UIKA cukup strategis untuk mengimplementasikan kolaborasi pentaheliks dalam membangun bangsa, generasi emas, cerdas menyajikan informasi dan menanggapi informasi," tambah Budi Setiawanto.

Baca juga: Mahasiswa SB-IPB pelajari bisnis Perum LKBN Antara
Baca juga: UIKA lepas 972 mahasiswa KKN di dalam dan luar negeri
Baca juga: Ibn Khaldun jadi universitas pengelola KIP terbaik se-Jawa Barat


Pewarta: Linna Susanti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023