“Upacara Peluncuran ASEAN-Japan Young Environmental Leaders’ Network (AJYELN)"

Online, 21 September 2023, mulai pukul 15.00 JST 

Tokyo--(ANTARA/Business Wire)-- ASEAN-Japan Centre (AJC) akan mengadakan Upacara Peluncuran ASEAN-Japan Young Environmental Leaders’ Network (AJYELN) pada hari Kamis, 21 September, Jam 15.00-16.30 (JST). Peluncuran ini secara resmi akan memperkenalkan 37 pemuda yang terpilih melalui kompetisi di antara ratusan pelamar dari seluruh Negara Anggota ASEAN dan Jepang. Peserta AJYELN akan mempresentasikan proyek masing-masing yang membahas masalah polusi plastik di komunitas lokal mereka.

Pidato Pembukaan akan disampaikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Jepang, sedangkan Ucapan Penyambutan oleh Sekretariat ASEAN. Pidato Utama akan disampaikan oleh Mr. Robin Takashi Lewis dari myMizu dan Social Innovation Japan, Pesan Dukungan oleh Mr. Senjaya Mulia dari ASEAN Youth Organization dan AYO Social Enterprise.

AJYELN adalah program pertama AJC yang berlangsung beberapa tahun dengan tujuan merekrut dan melatih para pemimpin lingkungan hidup usia 15-25 tahun. AJYELN menyatukan keyakinan terhadap dukungan dan kepemimpinan di bidang lingkungan hidup oleh kaum muda demi mewujudkan masa depan berkelanjutan. Yang lebih penting, menurut AJYELN perlu menyatukan orang-orang, keluarga, dan masyarakat untuk mendorong tindakan bersama demi program pengelolaan sampah yang tepat dan ekonomi sirkular. Proyek ini adalah bagian dari program besar AJC, yaitu Sustainable Blue Seas and Green Planet, yang bertujuan mendukung implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dan khususnya ASEAN Regional Action Plan for Combating Marine Debris in ASEAN (2021 -2025).

Sejak tahun 2020, AJC telah meluncurkan program untuk mengatasi sampah plastik laut dan emisi gas rumah kaca di ASEAN dan Jepang. Kedua inisiatif ini menciptakan dan meningkatkan gerakan untuk menambah kesadaran di kalangan anak-anak dan remaja. Pada tahun 2020, AJC bekerja sama dengan 22 mahasiswa ASEAN dan Jepang, atau "rekan-rekan mahasiswa", untuk membuat "Deklarasi Pemimpin Masa Depan Tentang Kerja Sama ASEAN-Jepang Dalam Hal Sampah Plastik Laut Internasional". Kemudian “ASEAN-Hiroshima Eco-School for Marine Plastic Waste Education” dan “ASEAN-Japan Eco-School for Marine Plastic Waste” diadakan untuk melaksanakan rekomendasi rekan-rekan mahasiswa dalam Deklarasi tersebut. Hingga tahun 2022, program Eco-School telah menjangkau lebih dari 12.500 murid Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah di Negara-negara ASEAN dan Jepang. Kuliah online yang disampaikan dalam bahasa setempat ini membahas penggunaan dan pembuangan plastik dengan cara yang benar serta tindakan perilaku mengurangi jumlah plastik di laut.

AJC bekerja sama dengan organisasi berikut untuk melaksanakan proyek AJYELN: Organisasi Pemuda ASEAN; ASEAN Youth Organization; East Asia Regional Knowledge Center for Marine Plastic Debris (ERIA-RKCMPD) di Jakarta; Science, Technology and Environment Partnership (STEP) Centre, Kementerian Pendidikan, Brunei Darussalam; Kementerian Lingkungan Hidup, Kamboja; Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Laos; Kementerian Lingkungan Hidup, Jepang; Departemen Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, Filipina; dan Kementerian Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim, Malaysia.

Pendaftaran upacara telah dibuka dan gratis, namun terbatas 1000 slot dengan sistem siapa cepat dia dapat.

Tanggal dan Jam: 21 September 2023 | 15.00–16.30 (JST)
Lokasi: Online
Bahasa: Inggris
Pendaftaran: Gratis
Target: Siswa dan guru SD dan Sekolah Menengah di negara-negara ASEAN dan Jepang; semua orang yang tertarik pada masalah plastik laut.

Untuk rincian acara ini, termasuk program dan pendaftaran, harap lihat Situs web AJC

Untuk informasi lebih lanjut tentang ASEAN-Japan Young Environmental Leaders’ Network (AJYELN), harap lihat halaman resmi Facebook dan halaman resmi Instagram.

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/53555499/en

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Unit Humas ASEAN-Japan Centre (AJC)
Tomoko Miyauchi (MS)
TEL: +81 (0)3-5402-8118

Sumber: ASEAN-Japan Centre

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023